Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak terkena bea masuk


Nhaa ini dia satu lagi info yang berguna buat semua orang, terutama ketika habis bepergian dari luar negeri membawa banyak barang oleh-oleh.

Ini bukan tips untuk nakal atau melanggar undang-undang pabean, tapi ini justru sisi kemanusiaan yang ada dalam uu pabean tersebut.

OK langsung ajah. Tentunya suatu saat atau kemarin anda akan ke luar negeri, dan ketika pulang biasanya bawa olah-oleh ini dan itu yang jika melebihi USD 250 akan dikenai bea masuk.

Sebelumnya tolong perhatikan prinsip-prinsip berikut. Yan pertama adalah filosofi uu pabean adalah mengutamakan penerimaan negara dari pada menghukum. Kedua adalah jika sengaja menyembunyikan barang dari luar negeri bisa terancam hukuman denda bahkan pidana. Ketiga adalah barang bawaan penumpang untuk keperluan sehari-hari tidak akan dikenai bea masuk.

Aku akan berbagi tips dalam bentuk cerita aja ya biar lebih mudah di mengerti.

Kasus pertama :
Ada seorang ibu pejabat ikut misuanya ke luar negeri. Di sana ia beli oleh-oleh berupa tas mahal. Saking senengnya ia bawa tas itu masih dalam keadaan original packing dari tokonya. Pas sampai di indonesia pihak bea cukai menahan tas tersebut sampai dibayar bea masuk, ppn, ppnbm. Total hampir sama dengan harga asli tas tersebut. Ibu itu marah-marah dan nganggep bea cukai kejam.

Kasus kedua :
Seorang penumpang dari amerika membawa 5 pasang sepatu dan 15 potong pakaian, dimasukan dalam koper dan dikondisikan seperti barang keperluan sehari-hari. Walaupun baru pemuda ini tidak diwajibkan bayar bea masuk oleh bea cukai.

Kasus ketiga :
Seorang habis berlibur dari singapura, dia membeli oleh-oleh 2 potong kemeja dan sebuah notebook. Total harga pasti lebih dari USD 250, notebook dimasukan di tas gendong, sementara kedua baju barunya masih tertera kode tax pricenya. Sama bea cukai bandara orang ini disuruh bayar bea masuk untuk kedua bajunya saja sementara notebooknya tidak.

Kasus terakhir adalah seorang bapak yang habis dari india, dia di sana membeli dua cincin keren. Yang satu dipakai, yang satu di masukan saku celana. Ketika dilakukan pemeriksaan oleh petugas bea cukai bandara, bapak ini diminta untuk bayar cincin yang disakuinya.

Nah dah ngertikan sekarang bedanya. Jadi untuk barang-barang yang dipakai untuk keperluan sehari-hari tidak akan dikenai kewajiban bea masuk di bandara. Jadi kesimpulannya adalah kondisikan barang-barang bawaan anda sebagai barang kebutuhan penumpang selama di luar negeri.

Lho dari mana aku tahu,
itu adalah tips dari dosenku di asrama tadi siang, tetapi redaksi ceritanya gak sama persis dengan yang dosen ceritakan, aku sudah menysunnya dengan bahasaku sendiri. Demikian semoga bermanfaat.

About these ads

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

53 Balasan ke Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak terkena bea masuk

  1. Ifan Jayadi berkata:

    Kenapa aku sering jadi yang pertamaxx sih :( Haloo…pada kemana nih orang…..

    Untung saja aku bukan orang kaya yang sering bepergian ke LN, jadi nggak ada masalah dengan bea cukai. Paling jauh ya ke Jakarta aja. Itupun udah bahagia banget lho bisa ngeliat gedung2 pencakar langit (emang katro diriku :( )

    • ahsanfile berkata:

      he he he, di asrama akses dan update terbatas, jadi gak bisa melakukan bw atau berkunjung ke tetangga, jadi yaa hampir gak ada kunjungan balik lah. Begitu gan ceritanya

  2. Maskur berkata:

    masalahnya.ke luar negrine kapan?

  3. kang ian berkata:

    iya bener juga ya bang hahaha
    mending kalo beli pakaian langsung dipake aja kan gak ketahuan
    tapi kalo banyak gimana masa mau dipake semua :D
    tips yang bagus bang
    makasih ^^

    • ahsanfile berkata:

      gak masalah mo bawa barang 5 koper juga boleh, asal sudah tidak ada label harga dan dibungkus plastik baru dari tokonya.

  4. dreesc berkata:

    kapan yah dree bisa ke luar negeri….???? hmmmm….

    ahsan… judulnya mesti di edit tuh…..

    seperti biasa kunjungan pagi neh… pagiiiiiiiiiiii………..

  5. achoey berkata:

    wah, makasih ya dah di kasih tahu
    Tapi kalau saya beli mobil dari jepang, masuk gak ya ke tas gendong saya :D

  6. cempaka berkata:

    walaupun… pake hp… v postingannya lumyan panjang jg kang :)

    tangannya ga keriting tuh?? :D

    • ahsanfile berkata:

      Alhamdulillah gak sampe keriting neh, soalnya qwerty :mrgreen:
      yaa cuma tulisannya kaya semut… kecil-kecil banget.

      btw tumben koq komenmu minta di approve dulu… ?
      biasanya gak

  7. dreesc berkata:

    @ ian n ahsan…. busettt pada gosipin dree…. wkwkwkwkwkwk…

    “aku dan majikanku”…… xixixixi…. boleh juga dah…. jadi keidean…. hahahahahahaha *guling2*

  8. Tiara berkata:

    makasihhhhh ,,, sangat membantu ^^

  9. samrino berkata:

    nah, klo tersangkut ma peraturan baru tentang barang oleh2 gimana gan?

    masih bisa ga trik “barang2 keperluan pribadi nya” di gunakan….
    contohnya, makanan, laptop, kamera digital?

  10. Ping-balik: Tips Mengurus Barang Impor – Barang Pindahan Di Pelabuhan « Ahsanfile's Blog

  11. lastri berkata:

    saya mau pulang indo….setelah merantau di hongkong
    rencana akan membawa leptop dua
    gimana tips biar gak kena bea cukai ?

    • ahsanfile berkata:

      Itu laptop baru bukan ?
      kalau baru semua atau salah satunya baru menurutku bagaimana anda mengkondisikan sebagai barang-barang keperluan sehari-hari…
      contohnya pretelin dari kardusnya…

      yang satu di gendong, yang satu di taruh tas koper…

      akan lebih baik jika anda pulang bareng temen, suruh bawain satu jadi nggak mungkin akan ditanya-tanya sama petugas..

  12. froztzz berkata:

    kalau bawa kondom:D gimana…pretelin juga dari kardusnya…basi dunk :D piss….ini beneran nanyanya…:D

  13. Kumis Sakti berkata:

    wiw…kebayang sih….
    tapi kalo bawa pretelan hardware komputer gimana ya?? *garuk2 kepala*

  14. toni berkata:

    nah……gimana klo kita beli ampli /tipi yg harganya di atas 300 dolar,klo kita pikul kena bea masuk gak tuh boss……dus kita buang…….

    • ahsanfile berkata:

      lhaa itu udah keluar dari kategori “barang dipakai” = barang keperluan primer sehari-hari = masih bisa dibawa-bawa
      kalau tivi emang lazim dipakai sebagai keperluan sehari-hari ? …

      yaaa tv pasti > 25 dolar ya kena bm

  15. Claudia berkata:

    Hi,
    kalo saya bawa beli balon latex yang banyak, 1 dus misalnya 5 kg, saya buka dari plastiknya dan dibungkus plastik biasa trus di packing di gardus, bisa di cars gak sih?

  16. rifki meinaldi berkata:

    kalau saya beli ipad gmna?

  17. ferdi_dilovabllo berkata:

    gan kalo saya ke LN terus,mau pulang beli mobil baru di LN ada gak cara biar gak kena bea… ??? Mohon solusinya gan…
    Kan kalo bea nya di bayar juga mubazir, karna yg jadi koruptor kantong celananya tambah gede. Kan kasihan juga yg koruptor nya nantik pas jalan robek celananya hahahaha… :D

    • ahsanfile berkata:

      Mobil barunya lebih dari USD 250 gak ?
      kalo lebih ya bayar, ada perhitungannya

      kalo niat nggak bayar ya jangan maki-maki koruptor, orang itu artinya ente juga korupsi bea masuk koq …

      #emang ada ya ke LN trus bawa mobil baru sendiri lewat bandara ? emang muat bagasi pesawat ?

      kalo mau ngarang cerita yang masuk akal gan !

  18. Edo Gawa berkata:

    sangat brmanfaat informsi’a, trimaksih.

    sya mau taya gan, kalo dr LN pulg k indonsia bawa camdig lbih dr 1( tiga misalkan), itu gmna? bgaimana mngkondisikan’a kira2 biar lolos bea. trimksih.

    • ahsanfile berkata:

      Ya asal itu sudah barang pakai dan kondisinya sebagai barang pemakaian sehari-hari ya gak masalah, gak akan dikenai bea masuk. Tapi kalau masih baru, masih dalam kotaknya, ada label harga ya pasti disuruh bayar bea masuk

  19. Kelvin berkata:

    Terima kasih informasinya. Saya ingin menanyakan terkait barang pindahan dari LN. Barang sebagain besar kami kirim via laut. Untuk bArang pindahan yang kami bawa dengan menggunakan jatah bagasi pesawat (satu keluarga, 5 orang), apakah juga perlu dilaporkan atau tidak. BAgaiman prosedur pelaporannya atau cukup dengan menunjukkan surat rekomendasi dan daftar barang pindahan yang ditandatangani kedutaan saja. Barang semuanya barang yang sudah dipakai. Terima kasih.

  20. toni berkata:

    mau tanya pak… kalo kita pergi ke luarg negeri misalnya membawa hanphone dr indonesia dg nomor telkomsel m3 masih bisa ga di luar negeri?? dan kalo saya membawa flasdisk atau hardisk yang ada isinya bisa gak?? atau harus ada surat2 surat dulu… terus di luar negeri BNI berlaku gak atau ada rekomendasi bank global yg banyak terdpt di negara2 d dunia??? makasih

  21. cube berkata:

    alo…ikut nanya neh..,saya tinggal di LN bersama anak,mau pulang indo bersama anak buat jengukin keluarga di indo.kalo barang di koper saya isinya baju2 dan sepatu2 keperluan sehari2 saya dan suami,tp dlm jumlah banyak (sepatu sy ajah bisa 10 pasang sdr),maklum agak banyak soalnya mau stay di indo buat 2 bulan.pertanyaan saya dengan isi koper sy yg banyak itu bakal diobrak abrik ga ya ato bahkan kena bm?jadi takut neh mo pulang k rmh sendiri.thx sebelumnya

  22. dewi berkata:

    mas ahsan, kalau saya membeli kamera seharga 800 USD (di lembar visanya, dari toko distapler bukti pembelian barang konsumsi bebas pajak ekspor) dan kamera tsb saya pakai dan tenteng di tas saat di airport. Bila saya isi CD NO semua, di jalur hijau saya aman tidak?
    apa akan diperiksa paspor dan ketahuan dari bukti pembelian itu, saya akan dikembalikan ke jalur merah? Bila masuk jalur merah, berarti walau pakai sendiri, akan kena bayar pajak kah?

  23. Adhi berkata:

    Mau tanya Mas ahsan…

    Kalo beli laptop di LN, lalu di bawa ke indo,apakah kena cukai dengan kondisi :
    1. Laptop sudah dikeluarkan dari kardusnya (memakai tas selempang laptop pada umumnya),
    2. Di dalam laptop ada (diinstall) OS Windows yang bajakan (soalnya setahu saya kalo OS ori ada stiker khusus yang ditempelkan di laptopnya)?

    Terus apa untuk kedepannya jangan menginstall OS yang ga ORI (kosong/DOS saja) atau kalo mau ya install yang ORI sekalian?
    Pertanyaan terakhir, bukti seperti apa kalo itu laptop kena cukai? Apa kwitansi/apa gitu.

    Terima kasih…

  24. linda berkata:

    mau tanya mas kalau kita beli oleh oleh di LN yg bukan barang keperluan sehari hari kayak gantungan kunci,tas (yang murah pastinya) dalam jumlah banyak itu gimana caranya biar gak kena bea cukai?thanks

  25. ima berkata:

    mas mau tanya, saya ingin membeli gadget, tapi kayaknya belinya bukan di indonesia,(perbandingan harga jauh banget) saya mau nitip temen saya yang jalan-jalan ke LN. apa temen saya harus buang kardus supaya ga kena bea masuk?harganya lebih dari $250 USD.jika kardus disimpan di koper apa tidak menimbulkan kecurigaan

  26. ahdi berkata:

    Salm… buat abang
    Lsung aj ni ane tanya. Ane d beliin sepatu sma temn d LN. Hrga ny skitr 900rb gt. Trus bingung sma jsa pengiriman & biaya cukai ny.
    Mhon pencerhn bang.
    Thanks

    • ahsanfile berkata:

      Lewat paket biasa aja… ntar kan masuk di kantor pos pabean. Kalo daerah jakarta dak sekitarnya itu akan masuk di kantor pas pasar rebo. Ntar disana di periksa akan kena bea masuk atau nggak.

      Nhaa pas ngambil kalau ada bea masuknya itu akan diminta suruh bayar. tapi kalau harga 900.000 aku yakin sih nggak kena.

  27. Randy berkata:

    Mas saya mau nanya, seandainya saya ingin membeli barang dalam jumlah ratusan(sebut saja 100) tapi harganya tidak sampai 250USD. tapi barangnya dalam keadaan box, tapi tidak ada label harganya, cuman ada bon nota pembeliannya. dan rencana buat dijual lagi. apa bisa masuk kategori barang pribadi? apa itu aman dari bea cukai?

    • ahsanfile berkata:

      Nggak, tetep itu bukan barang pribadi…
      Barang pribadi itu, dipakai untuk sendiri dan sudah tidak dalam box utuh. Apapagi nggak ada label harganya, bisa diperiksa berjam-jam ntar

  28. me pku berkata:

    Malam pak,mau tanya, apabila saya beli pakaian (mungkin byk nya 1 bal) utk dijual kembali,tapi label dan hrga nya saya copotin semua,apa nanti di kenakan pajak ga? Tq pak

  29. Dwi berkata:

    Saya mau tanya, rencana mau beli 100psg sepatu dari seoul trus dibawa ke indo tanpa box & price tag nya dan juga sepatunya tidak bermerk, trus saya mau bawanya digabung dgn barang2 pribadi saya di koper, harga lebih dari 250usd, tapi kan tidak ada price tag nya bisa saja saya bilang ke petugas cukai itu tidak lebih dari 250usd, kalo kaya gitu bisa bermasalah di cukai ngga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s