Browse data Lartas Impor, Lartas Ekspor pada aplikasi eService INSW


Beberapa hari yang lalu aplikasi eService Indonesia National Single window aku update ke tampilan yang baru yaitu tepatnya versi 3. Update kali ini adalah bertujuan untuk memperbaiki tampilan, bisa multi tasking dan bisa memperbanyak fitur layanan yang ada didalamnya dengan mudah.

Tetapi bagi user perubahan ini tentunya membawa dampak yang berbeda-beda. Ada yang langsung ngerti caranya menggunakan, ada yang malah jadi bingung dan bahkan putus asa karena data yang dicari tidak diketemukan dimana tempatnya.

Oleh karena itu dalam artikel ini aku ingin menyampaikan cara mengakses data laratas atau perijinan impor dan ekspor. Karena dalam versi ini semua informasi yang terkait dengan HS dijadikan satu, maka cukup satu tutorial maka sudah dapat digunakan untuk mendapatkan data Lartas Impor dan Lartas Ekspor.

Sebagai informasi awal melakukan browsing data lartas impor dan lartas ekspor, ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Dalam mencari menggunakan nomor HS, gunakanlan HS 10 digit tanpa tanda titik atau koma contohnya 7321110000
  2. Jika dalam detail data HS tidak ada row lartas impor atau lartas ekspor, artinya HS tersebut tidak terkena perijinan lartas dari instansi atau kementerian manapun alias tidak butuh ijin jika akan diimpor atau diekspor
  3. Data yang ada dalam aplikasi eService INSW berasal dari direktorat jederal bea dan cukai dan selalu di update sesuai peraturan yang ada.

Secara garis besar langkah-langkahnya lebih simpel dan sedikit daripada versi sebelumnya itu :

  1. Buka menu HS Information
  2. Lakukan pencarian
  3. Klik nomor HS pada hasil pencarian untuk membrowse semua data dari Struktur BTBMI, Lartas Impor, Lartas Ekspor, Tarif Bea Masuk, Tarif CEPT dan lainnya. Semuanya komplit jadi satu
  4. Ini opsional, jika ingin melihat detail lartas, tinggal klik detail pada baris lartasnya.

Dah itu saja, lebih simpel dan datanya all in one. Satu pencarian dapat semuanya :mrgreen:

Langkah pertama yaitu buka menu HS Information.

Kemudian akan tampil form pencarian Info HS seperti berikut ini :

Langkah kedua selanjutnya adalah melakukan pencarian. Silahkan lakukan pencarian data HS berdasarkan element data apa saja sesuai kebutuhan. Bisa dari kode HS, uraian barang BTBMI, uraian barang lartas impor atau juga lartas ekspor. Dalam contoh ini saya memberikan contoh “jambu” dengan parameter pencariannya adalah uraian barang lartas impor. Hasilnya sebagai berikut :

Langkah ketiga adalah mengklik nomor HS yang berwana merah pada hasil pencarian. Dan akan tampil detail informasi HS mulai dari struktur dalam BTBMI, data tarif, lartas impor dan lartas ekspor. Hasilnya seperti gambar berikut ini :

OK data lartas impor sudah didapatkan. Didapatkan larta imprnya adalah pembatasan dari Karantina Tumbuhan. Untuk detailnya silahkan anda coba sendiri. Selesai masalah ! Namun jika ingin mengetahui detail dari lartas tersebut tinggal klik link View Detail berwarna biru pada baris lartasnya. Dan jika di klik maka tampil data sebagai berikut :

Kemudian untuk detail lartas ekspor juga demikian caranya, sama dengan mengklik link View Detail berwarna biru. Namun dalam contoh ini kebetulan data lartas ekspor tidak ada.

Demikian tutorial dalam artikel ini semoga bermanfaat bagi semua pihak

Tentang iklan-iklan ini

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Project dan tag , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Browse data Lartas Impor, Lartas Ekspor pada aplikasi eService INSW

  1. Ping balik: Aplikasi eService INSW, browse BTBMI, Manifes, Lartas Impor, Lartas Ekspor « Ahsanfile's Blog

  2. husna berkata:

    pak ahsan…hari ini e-service-nya g bsa diakses, knp ya??

  3. dewi berkata:

    Pak Ahsan,

    Saya mencari keterangan utk kode HS 9406000090, tapi tdk bisa ditampilkan. Apa kode HS saya salah atau bagaimana ya, Pak?

    thanks Pak Ahsan

  4. shanty berkata:

    aduh gmn ya saya kurang ngerti soal machine yg kena lartas..
    bisa tolong kasi pengertianny ga?
    terima kasih atas bantuany

  5. DEDI berkata:

    seharusnya lartas itu di bukukan,,jd importir dan saya tdk pusing lg,,sama aja menjebak,,terlalu banyak system yg mempersulit bukannya mempermudah,,tp usulan ke pemerintah ini sia sia aja,,dah 15thn di dunia pelabuhan,,jd dah ga aneh lg,,UUD

    • ahsanfile berkata:

      Makasih atas masukannya, tetapi menurutku masukan Pak Dedi di sini nggak tepat. Silahkan sampaikan usulan tersebut ke para pimpinan NSW. Sampaikan keluhan Pak Dedi yang katanya UUD. Laporkan siapa saja yang mengambil D dari pak Dedi sehubungan dengan sistem NSW.

      Ide untuk membukukan lartas menurut saudara adalah bagus, tetapi coba jawab permasalahan jika lartas dibukunan :
      1. Update lartas nsw termasuk sering. Berapa sering importir/ppjk harus membeli buku baru untuk mendapatkan lartas terbaru.
      2. Bagaimana pendistribusian buku cetak dari tempat percetakan ke pengguna jasa yang harus bisa dalam waktu secepat-cepatnya. Keputusan perubahan hari itu, harus segera di pakai hari itu. Bagaimanan mencetak buku lartas pada hari yang sama, kemudian pada hari itu juga importir akan mendapatkannya di seluruh indonesia.

      3. Berapa duit yang harus dikeluarkan pengguna jasa untuk membeli buku lartas, dan ketika ada update, buku lama tidak terpakai lagi. Apakah itu bukan sebuah pemborosan.

      Melihat kondisi di atas lartas insw dibuat secara softcopy online sehingga ketika ada peribahan bisa langsung diupdate dan diketahui oleh pengguna jasa.

      Untuk menghemat biaya internet, pengguna jasa bisa mencopy/printscreen daftar lartas barang-barang yang sering diimpornya dan menyimpannya ke dalam komputernya.

      Dan kepada Pak Dedi, tolong diperjelas dimana letak sistem NSW menjadi UUD !
      di tunggu !

  6. Pram berkata:

    Mas Ahsan, kebetulan saya butuh informasi dari eservice INSW. Tapi dari kemaren gak bisa masuk. Kayaknya situs INSW lagi ada masalah yah… susah nih padahal biasanya saya bisa cepet dapet informasi eservice BTBMI nya INSW.
    Mohon informasi apakah memang sednag ada masalah

  7. Eva berkata:

    Pak Ahsan,

    Terima kasih atas info nya. By the way ada gak menu di INSW yang menunjukkan tarif beas masuk menggunakan Form E atau Form D. Saya sudah coba buka menu2 di insw tapi blm ketemu jg. Mohon bantuannya.

  8. akbar berkata:

    Bung Ahsan,

    situs eservice INSW.go.id kok error lagi sihh.
    saat masukin HS Code untuk check LARTAS, kok tampilannya di menu LARTAS IMPOR jadi txtlartas dll.tlg dibantu dunk untuk HS 8705.90.9000 kena LARTAS atau tidak?

    Thanks,
    Akbar

  9. surono19 berkata:

    dear all,
    saya dua hari ini susah sekali akses http://www.eservice.insw.go.id apa ada perbaikan ya?????????

  10. ganang berkata:

    sistem insw keren euiiii…….bisa liat data kena lartas sebelum masuk dokumen…

  11. andika berkata:

    kalo mau prin secara penuh gimana ? dulu bisa tapi sekarang dah ga bisa lagi?

  12. Cikha berkata:

    update lartas terbaru koq gak ada?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s