Perkiraan suasana hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran 2010


Walau aku belum sampai masuk kerja (karena baru mau balik), berdasarkan pengalaman yang lalu-lalu, aku membayangkan suasana hari pertamaku masuk kerja. Ini bukan meramal (meramal itu haram), tapi memperkirakan berdasar apa yang ada.

Kondisi kantor yang sepi, belum banyak orang. Kalau ketemu paling berjabat tangan, saling bermaafan serta cerita-cerita pengalaman pulang mudik.

Kemudian di ruang kerja biasanya banyak oleh-oleh makanan khas dari daerah masing-masing.

Belum ada konsentrasi terhadap pekerjaan, karena pengguna jasa sebagian juga baru memulai aktifitas perusahaanya setelah masa liburan.

Bagi tempat kerja yang nyanding fasilitas internet, paling hari pertama akan lebih banyak digunakan untuk browsing-browsing ini dan itu.

Butuh adaptasi yang lebih setelah berubahnya jadwal hidup. Kalau sebelum libur lebaran kita terbiasa bangun pagi, berangkat kerja, jam 8 sampai sore di kantor/pabrik bekerja dengan jam istirahat yang terbatas. Tapi pada saat liburan kebiasaan itu berubah. Bangun tidur semaunya, sarapan atau makan juga semaunya, istirahat siang malah tidur sepuasnya mumpung libur, atau gak pernah istirahat karena sibuk kesana kemari. Sampai di tempat kerja, suasana liburan pasti masih ada di tubuh kita. Contohnya jam-jam kita tidur saat liburan, pasti kita akan merasa ngantuk saat di tempat kerja.

Hal lain yang biasa terjadi adalah memperlakukan pekerjaan pertama dengan serius sekali karena otak masih fresh dan belum jenuh. Kualitas ini akan menurun seiring rutinitas pekerjaan kedepannya.

Oh iya satu lagi, biasanya juga akan menanyakan teman-teman satu kerjaan yang belum kelihatan batang hidungnya. Jika yang terjadi karena terlambat disebabkan macet dalam perjalanan, akan jadi bahan guyonan.

Kemudian dari beberapa hal di atas, yang paling aku pikirkan adalah menyesuaikan diri dari kondisi liburan ke kondisi kerja yang butuh adaptasi.

Tentang iklan-iklan ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s