Tips Usaha Dagang atau Jualan Pulsa


Saat ini banyak sekali orang yang membuka usaha untuk jualan pulsa, tentunya hal ini dikarenakan saking banyakya keperluan akan pulsa itu sendiri. Bayangkan saja saat ini satu orang rata-rata mulai memiliki handphone lebih dari 1. Otomatis kebutuhan akan pulsa akan bertambah.

Jualan pulsa, sumber

Aku akan share beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai usaha memajukan usaha dagang/jualan pulsa.

JENIS-JENIS USAHA DAGANG PULSA :

  1. Suplier pulsa = orang pertama yang membeli pulsa dari perusahaan telekomunikasi
  2. Counter Pulsa Dalam Mall, lokasi usahanya berada dalam mall / supermarket yang kanan dan kirinya adalah sesama penjual pulsa. Biasanya nggabung sama jualan HP/aksesoris
  3. Counter Pulsa Dalam Komplek. Biasanya counter ini ada di antara komplek perumahan dimana saingan usaha sejenis berjauhan.
  4. Penjual Pulsa mandiri. Ini adalah orang yang melakukan usaha jualan pulsa sendirian. Secara pribadi menjual pulsa pada orang-orang sekitar dari pribadi ke pribadi. Yang jelas penjual pulsa jenis ini tidak memiliki counter khusus untuk jualan pulsa.
  5. Penjual Pulsa MLM. Ini sama dengan penjual pulsa mandiri tetapi dia terikat pada sebuah sistem MLM.

Oh iya sebelumnya perlu diketahui, apa yang aku share di sini adalah hasil pengamatan dan analisaku serta cerita langsung dari beberapa orang pelaku usaha pulsa. Jadi tak perlu lagi diragukan keabsahannya. :mrgreen:

HARAPAN SEORANG PEDAGANG :
1. Mendapatkan suplier pulsa yang murah
2. Memiliki pelanggan yang banyak
3. Mampu menjual pulsa lebih murah agar banyak pembelinya
4. Pelanggan yang membeli pulsanya setia (tidak membeli di tempat lain)

Karena banyak orang yang memiliki harapan yang sama, maka timbul beberapa permasalahan seperti berikut ini :

PERMASALAHAN YANG DIHADAPI :
1. Harga dari suplier berubah-ubah jarang bisa diperediksi
2. Susah mendapatkan pelanggan
3. Banyak saingan sesama penjual pulsa
4. Susah mendapatkan pelanggan yang tetap

Nah ditengah persaingan usaha counter pulsa, ternyata ada berbagai tips dan trik yang tentunya halal dan sportif untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Berikut ini aku akan share beberapa hal yang dapat dilakukan, sesuai dengan jenis usaha pulsa Anda.

Untuk Jenis 2 dan 3
Kunci sukses usaha pulsa jenis ini adalah keramahan pada pengunjung. Soalnya pembeli tidak bisa dipastikan dan susah sekali untuk jadi langganan. Orang datang ke mall atau ke warung itu tidak terjadwal dan orang yang datang selalu berganti-ganti.

  1. Sama pembeli harus ramah. Jangan sampai pembeli bertanya dulu ada pulsa atau tidak. Buatlah pembeli itu sudah mendapatkan jawaban sebelum ia bertanya.
  2. Perlakukan sama terhadap pembeli apapun tampilan dan berapapun dia beli. Jangan sampai melakukan diskriminasi pelayanan misalnya mengutamakan pembeli yang bergaya dari pada yang kucel. Atau mengutamakan pembeli yang membeli banyak dari pada yang sedikit. Sekali anda mengecewakan orang maka orang itu aku jamin akan kapok belanja di counter anda.
  3. Urutkanlah pelayanan sesuai pembeli itu datang. Jika counter anda ramai, jangan sampai ada pembeli yang baru datang terus dilayani duluan. Pandai-pandailah melayani jangan sampai ada pembeli yang merasa antrinya sia-sia, ini juga akan membuatnya kapok untuk membeli di counter anda.
  4. Dalam memberi harga, harus tau harga pasaran di daerah situ. Ini memang serba susah. Memasang harga yang murah akan dibenci dan dimusuhi sesama pedagang. Kalau memasang harga tinggi, maka tak akan ada pembeli yang datang.
  5. Buatlah sesuatu yang membuat pembeli itu betah di counter anda. Kalau soal ini tergantung pribadi dan keyakinan masing-masing untuk melakukannya mana yang halal dan tidak. Maksudku adalah bahwa untuk menarik banyak pengunjung, banyak counter yang melakukan seperti ini :
    • Yang sebagai pelayan pembeli adalah cewek cakep, seksi dan supel. Sementara untuk kasirnya yang biasa-biasa saja.

Untuk jenis 4 dan 5
Kalau anda adalah penjual pulsa yang mandiri, dalam artian tidak punya counter. Anda menjualanya pada relasi/kenalan/saudara/teman dan sejenisnya, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Jangan sampai terkesan ada pemaksaan ketika anda menawarkan pulsa pada seseorang. Efeknya adalah kesan buruk pada diri anda sebagai penjual.
  2. Di sini anda bisa memberikan fasilitas seperti bayar di akhir. Orang-orang yang membeli pulsa pada anda adalah orang yang anda kenal. Contohnya adalah seperti yang dilakukan temanku di satu tempat kerja. Dia memberikan fasilitas bayar kalau sudah gajian (tanggal muda). Bahasa gampangnya adalah pembeli pulsa bolen ngutang dulu.
  3. Usahakan anda dapat melayani permintaan pulsa dimanapun dan kapanpun. Seperti yang dilakukan temenku sangat efektif. Melalu chatting dia bisa dipesani pulsa, melalui sms, melalui telepon dia bisa melayani penjualan pulsa. Ini sangat membantu para pembeli dapat membeli pulsa dimanapun.
  4. Anda bisa memberikan harga yang lebih murah dari pada counter. Ya tentunya jangan sampai rugi. Di sini anda tidak memiliki saingan yang banyak. Soalnya pembeli anda biasanya sudah langganan. Ini akan membuat para pelanggan anda tidak membeli ditempat lain karena harga yagn anda berikan lebih murah.

Dah itu dulu dicoba, apakah ada peningkatan penjualan atau tidak ? itu tergantung kesungguhan anda dalam berusaha dan tentunya berdoa.

About these ads

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Tips dan tag . Tandai permalink.

27 Balasan ke Tips Usaha Dagang atau Jualan Pulsa

  1. Maskur® berkata:

    ya ya
    aku arep njajal lha siki amben 100 meter ana sing adol je

  2. Ping-balik: Tips Usaha Dagang atau Jualan Pulsa « Ahsanfile's Blog - Pusat Pulsa Paling Handal dan Murah

  3. pujha berkata:

    aku baru mau coba ni buka didepan kios bajuku sapa tau bisa lebih menarik minat pembeli baju ku jadi biar lebih rame?

  4. Pulsa Murah berkata:

    Setuju Gan. Nice Tips nya.
    Bagi yang mau dapat kulakan harga pulsa murah ,mungkin kami bisa jadi alternatif.
    Dengan konsep 1 chip all operator. Format mudah tanpa harus menghafal kode produk.
    Tersedia juga Token Listrik PLN.

  5. rizky berkata:

    saya berjualan pulsa secara mandiri/perorangan. tapi kendala utama saya adalah karena terlalu banyak yang bayar pulsa terlambat (ngutang), uang saya tidak bisa berputar untuk saldo ualng dan mandeg. kira2 bagaimana solusinya?
    terima kasih

  6. Asep Jamil berkata:

    Sediakan TEH MANISSSSS di konter tempat anda berjualan,
    dengan catatan pemberian teh tersebut di berikan secara cuma cuma.
    pasti 100% pelanggan pada ngumpul :) dan gak akan pindah ke konter lain.
    ( teh di atas ” teh yani,teh fitri,teh wati.teh reni ,teh iyem pula ;)

  7. Nurul anam berkata:

    seng penting Wani piro”……..??

  8. limah berkata:

    AgeN pUlsa Murah Di Mana?

  9. ahmad mihaimin berkata:

    maakasih bgt tips y..
    manfaat bgt nih..
    ane mw cba usaha ini..
    maaf klo agak telat….

  10. yup buat jual pulsa gabung di tempat ane aja para agan2 di http://www.counter-pulsa.com

    Makaciihh.

  11. nina berkata:

    banyak di bon nya dari pada ks nya hehehe

  12. lreload-pulsa berkata:

    wah ini tips yang paling lengkap seputar jualan pulsa

  13. ps tronik berkata:

    sip.. tips tips nya sngt bermanfaat..
    nek ada yg meh jualan pulsa bsa juga gabung dt4ku Gan..
    harga bersaing dan murah

  14. tipsnya memangjitu,tapi d tempat saya ada yang jual harga 5500,10500,20500,,,itu pada pembeli langsung,bagaimana cara mengatasi orang seperti ini?

  15. HBK berkata:

    geus loba teuing konter … usaha jadi bangkar bati ngan saeutik..

  16. @ziebriel berkata:

    yah sipp aku da coba hasil nya alhamdulilah sukses

  17. InsyaAllah sy akan coba tipsnya, smoga brjalan sesuai harapan. krn udah 5 thn sy jalankn usaha jualan pls tp smpe skrg jatuh bangun brtahan. apalagi ada yg jd saingan dsamping counter..

  18. ozy pulsa berkata:

    Bagus gAn infonya,terimakasih saya akan coba,ozy jga melayani pendaftaran agen pulsa,hub 085780012446

  19. RADENKAYANTO berkata:

    Kita Tukaran Cerita Yuuu !!!!
    Sewaktu berakarya di sebuah BUMN yang sebagai Kerajaan Besar , tidak terpikirkan akan Usaha Mandiri dan Membuka / Menciptakan Usahawan secara Mandiri , Tetapi ” Nasib ” perjalanan dalam Berkarya untuk Kejayaan Bangsa dan Negara Ri , ceritanya Edialisme Tinggi. !!!! Tetapi di 2004 an kami ( 3500 ) di PHK sepihak .Dengan Kekuatam Masa mendemo Kebijakan PHK dan Kebijakan Para Mentri- Mentri ( Menakertrans + BUMN , Presiden RI ) dalam Hak Yang Melekat DANA PENSIUN belum di bayar semua , tetapi pesangon , jamsostek sesuai aturan Menakertrans telah di bayar , Kok yang melekat Dana Pensiun Belum di bayar Penuh. ( 2013 ) .
    Tetapi Allah SWT telah Memberikan Rejekinya Merintis Usaha Jualan Pulsa , Modem , Perdana sampai Assesoris dunia data / IT di tekuni di Konter sebuah Mall di Kawasan Cimahi , sampai Sekarang bisa Survice dan untuk makan sih ada lebih . Wassalam .

  20. muhaimin berkata:

    Alhamdulillaah udah jalan 3 blan
    dg modal yg minim
    alhamdulillah lancar
    buat jajan anak alhamdulillah msh ada lebih y

  21. alfa cell berkata:

    g mana nih biar per saingan g berlalru2 buar penjual pulsa tenatngga saya pdhal pelayanga saya uda ramah dan harga pulsa juga dah lumayan tpi dah mau menginak 1 tahunsetenah beda bgt sblm punya konter pulsa dan se sudah pnya konter pulsa perbedaaan nya sangat jauh bgt dengan dulu penghasilanya malah2 semenjak punya konter tipa harsu sis saldo haru stmbah moda laig

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s