bahan-bahan-cap-cay-by-ahsanfile

Resep Cara Membuat Cap Cay Kuah Istimewa – a la Ahsan


Emang si ahsan pinter masak ya ?
Ayuh kalau mau lomba masak sama ahsan, dijamin dah pokoknya… :mrgreen:

Kalau biasanya aku makan cap cay cuma beli, kali ini aku mau nyobain sendiri. Sambil lihat pedagangnya meracik bahan-bahannya, aku catat tuh dari awal sampai akhir. Dan akhirnya dengan bekal mencontek dari tukang cap-cay, jadilah resep cap cay yang aku karang sendiri prosesnya. Entah bener atau tidak, kini masakan ini sering jadi lauk istimewa saat makan bareng. Yuk kita lihat bagaimana si ahsan masak cap cay.

Oh iya sebelumnya sediakan tisu buat ngelap iler yang pada ngalir saking kepenginnya sama masakanku ini ya…

Pertama yang ahsan siapkan adalah bahan-bahannya seperti ini :

Ighhh… itu koq bunga kol ama jagung mudanya udah nggak seger sih ?
(Iya keluargaku kalau belanja itu milih yang ada rusak karena ulat atau busuk dikit, itu menjamin bahwa sayuran itu sudah tidak ada pestisidanya, soalnya kalau yang mulus berarti tak ada mahluk hidup yang memakannya yang artinya kandungan pestisidanya tinggi banget dan ini membahayakan bagi tubuh manusia)

Kedua, ulek bawang merah  dan bawang putih kemudian tumis ke dalam wajan dengan minyak goreng secukupnya

Ketiga setelah tumisan harum, ceplok 2 telur ke tumisan dan aduk-aduk agar merata sampai telurnya mateng.

Setelah telornya mateng, tambahkan air secukupnya untuk merebus sayurannya, kemudian masukan cabe, batang sawi ijo, wortel dan jagung mudan (putren) yang udah dipotong-potong

Woiiii garam dan bumbu lain kapan ?
Nanti kalau udah mau mateng, yang sabar yah jadi pembaca :P

Setelah ini, mulailah masukan sayur-sayurnya dari mulai yang keras (matengnya lama) sampai yang cepet mateng !, kalau mau bahan-bahan lain kayak ayam, baso sekarang ini waktu yang paling tepat untuk memasukannya… Gambar dibawah ini yang dimasukan pertama adalah kembang kol, wortel dan putren.

Kemudian batang sawi ijo

Yang terakhir masukan sayur yang cepet mateng yaitu daun sawinya,

Setelah ini aduk-aduk sambil masukan garam, gula dan atau penyedap rasa seperti masako/royco, saus tiram. Yang penting jangan vetsin yah, soale ternyata nggak baik. Dan hasilnya seperti ini :

He he he… dah mateng, tinggal makan bareng-bareng ama keluarga… itu cabe merahnya kemletus banget kalo di gigit. Yaah sengaja aku biarin bulet gitu agar si kecil yang belum kuat pedes juga doyan…¬† Setelah ini yuk kita makan

Hooiiiii itu ilernya di-elap dong, biar nggak pada jatuh …. :mrgreen:

Tentang iklan-iklan ini

90 comments on “Resep Cara Membuat Cap Cay Kuah Istimewa – a la Ahsan

  1. hahahha
    namanya juga cowok beli sayurannya kurang recomended, hehe garam dah bumbu lainya kapan dimasukannya mas, tapi kayaknya ueenak dan aku mau praktekan neh hehe , salam kenaaaal

  2. Mmm. ada yang kurang, tepung maizena, trus saus tiram ma kecap ikannya belum tuh.. dan kalo bisa gak usah pake penyedap mas, royco ataupun masako jg gak baik lho,

  3. kasih maizena biar agak lebih kental dikit kayaknya lebih enak lagi deh kak..
    ada resep lain ngga kak? lg tertarik masak-memasak :)

  4. kayaknya saus tiram atau penyedap lainnya hampir sama deh dengan vetsin :)
    tapi dasar lidah ya.. kalau ga dikasih penyedap kurang gmn gitu.. jdi dikit aja kali ya…

  5. Naaaaah niy dia resep cap cay bumbu simpel yg dakyu cari…hehe maklum ga jago msk, jd liat resep capcay yg rada ribet gt udah mutung duluan…kalo yg gini kan, simpel…coba ahhhhh…..

  6. besok aku coba bikin buat istriku dech,mumpung lagi ngidam cap cay nich! thank’s ya resepnya.mumpung ngak terlalu ribet

  7. Seneng bgt ida bsa tw rsep cap-cay, tpi yg lbih ida sng gi tu tambahn unsur humoris yg d paparkan ahsan wkt nyaji cra msak cap-cay bkin ida tu 15 x lipat lbh sng dri hanya nemu menu yg dah lma bgt ida idam2kn bsa buat sndri, thanks y :-D

  8. Asik jg ea bikin capcay’slain mudah bhn”a jg cukup gampang…Tp Ni iler gk bisa di lap…kluar trs…Abis pngn nyicip capcay sich…=D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s