Resep Cara Membuat Cap Cay Kuah Istimewa – a la Ahsan


Emang si ahsan pinter masak ya ?
Ayuh kalau mau lomba masak sama ahsan, dijamin dah pokoknya… :mrgreen:

Kalau biasanya aku makan cap cay cuma beli, kali ini aku mau nyobain sendiri. Sambil lihat pedagangnya meracik bahan-bahannya, aku catat tuh dari awal sampai akhir. Dan akhirnya dengan bekal mencontek dari tukang cap-cay, jadilah resep cap cay yang aku karang sendiri prosesnya. Entah bener atau tidak, kini masakan ini sering jadi lauk istimewa saat makan bareng. Yuk kita lihat bagaimana si ahsan masak cap cay.

Oh iya sebelumnya sediakan tisu buat ngelap iler yang pada ngalir saking kepenginnya sama masakanku ini ya…

Pertama yang ahsan siapkan adalah bahan-bahannya seperti ini :

Ighhh… itu koq bunga kol ama jagung mudanya udah nggak seger sih ?
(Iya keluargaku kalau belanja itu milih yang ada rusak karena ulat atau busuk dikit, itu menjamin bahwa sayuran itu sudah tidak ada pestisidanya, soalnya kalau yang mulus berarti tak ada mahluk hidup yang memakannya yang artinya kandungan pestisidanya tinggi banget dan ini membahayakan bagi tubuh manusia)

Kedua, ulek bawang merah  dan bawang putih kemudian tumis ke dalam wajan dengan minyak goreng secukupnya

Ketiga setelah tumisan harum, ceplok 2 telur ke tumisan dan aduk-aduk agar merata sampai telurnya mateng.

Setelah telornya mateng, tambahkan air secukupnya untuk merebus sayurannya, kemudian masukan cabe, batang sawi ijo, wortel dan jagung mudan (putren) yang udah dipotong-potong

Woiiii garam dan bumbu lain kapan ?
Nanti kalau udah mau mateng, yang sabar yah jadi pembaca :P

Setelah ini, mulailah masukan sayur-sayurnya dari mulai yang keras (matengnya lama) sampai yang cepet mateng !, kalau mau bahan-bahan lain kayak ayam, baso sekarang ini waktu yang paling tepat untuk memasukannya… Gambar dibawah ini yang dimasukan pertama adalah kembang kol, wortel dan putren.

Kemudian batang sawi ijo

Yang terakhir masukan sayur yang cepet mateng yaitu daun sawinya,

Setelah ini aduk-aduk sambil masukan garam, gula dan atau penyedap rasa seperti masako/royco, saus tiram. Yang penting jangan vetsin yah, soale ternyata nggak baik. Dan hasilnya seperti ini :

He he he… dah mateng, tinggal makan bareng-bareng ama keluarga… itu cabe merahnya kemletus banget kalo di gigit. Yaah sengaja aku biarin bulet gitu agar si kecil yang belum kuat pedes juga doyan…  Setelah ini yuk kita makan

Hooiiiii itu ilernya di-elap dong, biar nggak pada jatuh …. :mrgreen:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Makanan dan tag . Tandai permalink.

90 Balasan ke Resep Cara Membuat Cap Cay Kuah Istimewa – a la Ahsan

  1. bundamahes berkata:

    wadohhh.. koq koyone enak yo mas?!
    okeee… boleh dicoba besok pagi! :D

  2. wien berkata:

    wow mantaff…bener2 bikin ngiler nih…hihii

  3. serlion berkata:

    pinter masak cap cay ya :)

    salam kenal…

  4. Kakaakin berkata:

    Capcay-nya pesan satu, Mas.
    Yang spesial ya…
    Gak pake lama!
    Hehe… :mrgreen:

  5. kang ian dot com berkata:

    udah buka lapak capcay aja kalao pulang gawe wakaka

  6. mr. sectiocadaveris berkata:

    jadi laperr ngeliyatnya :mrgreen:

  7. poetri berkata:

    ok jg,resep nya jg gampang cuman bwang merah putih ditambah penyedap.boleh dicoba tuh

  8. abi rahman berkata:

    jd pengen coba bkinnya buat buka puasa..hee

  9. liestyamu berkata:

    hahahha
    namanya juga cowok beli sayurannya kurang recomended, hehe garam dah bumbu lainya kapan dimasukannya mas, tapi kayaknya ueenak dan aku mau praktekan neh hehe , salam kenaaaal

  10. Tri Yuni Wicaksono berkata:

    Mmm. ada yang kurang, tepung maizena, trus saus tiram ma kecap ikannya belum tuh.. dan kalo bisa gak usah pake penyedap mas, royco ataupun masako jg gak baik lho,

  11. dina berkata:

    WAH RESEP YANG INI GK RIBET MKSIH NUMPANG NYOBAIN

  12. waaLAAHH RESEP CAP CAY MACAm apa IIINNNiiiii…
    GGGKKKKK EEEnnakkkkk Enakan resepku AAhhh gk menarik ..
    ku lihat aj masakanya q mau mUntah…
    uuuuueeeKKKK…. hhiiiihii gk enak…

  13. yuli berkata:

    wah resep dan caranya nggak ribet, mau ah coba wooooooooo lejat luaperrrrrrrrrrr

  14. rudyartinama berkata:

    nggak pakai sagu biar rada kental ya ?

  15. eneng berkata:

    kasih maizena biar agak lebih kental dikit kayaknya lebih enak lagi deh kak..
    ada resep lain ngga kak? lg tertarik masak-memasak :)

  16. sufi aryanti berkata:

    nyamiiiii…. Q mw coba ni masakan, spy jd istri idaman yg pinter masak

  17. Siran berkata:

    Manttaaaapppp…..makasih broo..resepnya…

  18. desy berkata:

    yuk…mumpung minggu ngumpul kluarga siap masak capcay…

  19. CASKIM berkata:

    OK TUH BUAT DI COBA

  20. Guntur simanjuntak berkata:

    Enak ni,aku pasti cbaim mask cap cay

  21. jhon kanape berkata:

    aku pun mau masak capcay ahhhhhhh….ada yang mau capcay seafood gaaaaaaa?

  22. ully berkata:

    emmm… jadi laper

  23. novitriani sinaga berkata:

    perlu dicoba

  24. emilyano pirano berkata:

    kayax super enak bngt ni….???? resepx sama…..!!!

  25. lefi berkata:

    kalau dah dingin amis telur nya berasa ngga????

  26. smuth berkata:

    kug gag dkasi merica????

  27. ima berkata:

    ga pake saos ama kecap ya ??

  28. putri berkata:

    seger d.mkn pas ujn ky gni

  29. kristin berkata:

    kanjinya kok gk ada ya? biar kental dan lebih yummy… :D

  30. risyida berkata:

    kayaknya saus tiram atau penyedap lainnya hampir sama deh dengan vetsin :)
    tapi dasar lidah ya.. kalau ga dikasih penyedap kurang gmn gitu.. jdi dikit aja kali ya…

  31. nila berkata:

    Naaaaah niy dia resep cap cay bumbu simpel yg dakyu cari…hehe maklum ga jago msk, jd liat resep capcay yg rada ribet gt udah mutung duluan…kalo yg gini kan, simpel…coba ahhhhh…..

  32. nogosastro berkata:

    mungkin enak nih,tak coba dulu…sapa tahu tidure yang ngiler…. kurang kali ye

  33. huaaaa….. enak banget nih kayak nya.. (barusan sy lap iler)
    hahahahaha

  34. adenk alfarizie berkata:

    wah mancappp jd laper.hehe

  35. nj berkata:

    duh… gampang yak rek… gak pake maizena?

  36. ayu takarai berkata:

    kak, makasih resepnya, sudah dbuktikan dan enak tp dtambah saus tomat juga sih hehe

  37. Cuzzy berkata:

    Besok minggu nyoba resep e aahh..!! Tp nek bangune ga kesiangan..?! He…he…he….!

  38. Tesla Fadli berkata:

    dijamin enak gak

  39. maryam berkata:

    waaaaah harus dicoba nih….
    pengen belajar masak….
    smga jadi nih masakan…

  40. aguz's cadex berkata:

    besok aku coba bikin buat istriku dech,mumpung lagi ngidam cap cay nich! thank’s ya resepnya.mumpung ngak terlalu ribet

  41. byanka ruby berkata:

    g pake tepung maizena g pa2 ya…?

  42. melanietomboyz berkata:

    wah harus di coba nih enak banget jadi laper…

  43. Neny Novizar berkata:

    PAKE UDANG ATAU CUMI LEBIH SEDEP TUH,.. :D

  44. talitha qotrunada berkata:

    aku jadi ingin buatnya

  45. Dewi Astriani berkata:

    Waduh boleh itu dicoba……… mantap……..

  46. rida berkata:

    saya coba yaaa

  47. Fairosafirsa berkata:

    Wachhhhhhh,,hmmmm,,jdi laper nich,,,,,

  48. Iqhwan berkata:

    pasti enakya, lihat nya aja uda bikin lapar

  49. Renz flow berkata:

    Menu yg mudah, cocok buat pemula, haduh tak ambil haduk dulu, buat ngelap iler yang kemetes.. Hehe :D

  50. Mas Wahyu berkata:

    tak coba yo :D
    salam kenal bos :D

  51. Ida berkata:

    Seneng bgt ida bsa tw rsep cap-cay, tpi yg lbih ida sng gi tu tambahn unsur humoris yg d paparkan ahsan wkt nyaji cra msak cap-cay bkin ida tu 15 x lipat lbh sng dri hanya nemu menu yg dah lma bgt ida idam2kn bsa buat sndri, thanks y :-D

  52. Bung Iwan berkata:

    Aaarrgghh… ini dia makanan yang hau jek sen cin ping! coba ah…

  53. wiyono berkata:

    kok yo ngerti ae mas nek podo ngiler…. wkwkwkkww….

  54. bunga citra lestarikan berkata:

    ENAAAAAAAAAAAAAKKK ! ! . . . .

  55. May seli berkata:

    Ehmm. , ,
    Smpek iler sya pengen mkan y,

  56. wiyono berkata:

    la resepe endi to, kok mung gambar tok….. kikiki…..

  57. kucingmati berkata:

    Asik jg ea bikin capcay’slain mudah bhn”a jg cukup gampang…Tp Ni iler gk bisa di lap…kluar trs…Abis pngn nyicip capcay sich…=D

  58. yansiani berkata:

    hmm.. Ahsannya cakep masak ya.. :)

  59. Niccaniez berkata:

    Hmmmm….mantap……wenak tenen dari gambarnya udah tercium aroma kenikmatan.hehehe

  60. Rahmat berkata:

    bisa coba dipraktekin nih, untuk sajian hari minggu seluruh keluarga, menunya sederhana tetapi menyehatkan, makasih tutorial nya :-) ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s