foto-gambar-lahan-kobis-by-ahsanfile

Foto Gambar Panen Tanaman Kobis – Kol di Lereng Gunung Sumbing


NATURE EDUCATION PART II

(gambar-gambar yang ada disini berukuran 1600×1200 pixel, mohon maaf kalau aksesnya berat. Silahkan klik pada foto untuk melihat secara detail)

Kemarin pas lagi pulang ke kampung halaman, secara tak sengaja pas ada acara panen kobis / kol di lereng gunung sumbing. Karena acaranya emang lagi wisata alam sama si kecil, langsung aja tuh aku samperin dan aku berkesempatan untuk foto-foto dari dekat. Dan seumur-umur juga aku baru pernah saat itu megang kobis yang masih ditanam. Menyenangkan sekali pokoknya, nih foto-fotonya :

Suasana di lahan kobis ini sangat dingin, walaupun waktu itu sudah jam 9 pagi, dan sinar matahari sudah terang sekali menyinari kulit, tapi masih terasa dingin di lereng gunung sumbing – Temanggung – Jawa Tengah.

Bersama si kecil dan ummi, aku menikmati pemandangan dan segarnya udara di sini. Kemudian aku ambil foto detail tanaman kobisnya kaya gini :

Kalau dilihat lebih dekat kaya gini nih :

Tak jauh dari tempat aku berdiri, sedang ada acara panen kobis oleh para petani setempat. Waktu itu ada sebuah truck yang sedang dimuati kobis-kobis ini… yuk kita lihat seperti apa.

Ini orang lagi mikul 2 kranjang kobis, kayaknya berat banget

Kemudian aku ikuti bapak-bapak yang lagi mikul itu dan sampailah pada acara bongkar muat kobis. Bongkar dari lahan dan muat ke truck.

Trus disekitar truck ini banyak pak tani lagi memetik kobis langsung dari lahannya

Setelah kobis dipetik kemudian dimasukan ke keranjang

Setelah penuh keranjangnya kemudian ditimbang dan kemudian diangkut ke truck

Huah puas melihat hal yang langka dalam hidupku, secara aku itu orang desa tapi di desaku nggak ada lahan pertanian kobis kaya gini.  Sebagai oleh-oleh aku beli satu biji kobis sama pak petani di sana. He he he, nggak mahal koq, murah meriah bahkan tadinya mau dikasih gratis :mrgreen: . Nih dia ummiku yang megang kobisnya, masih seger dan bening sekali.

Sebelum meninggalkan tempat ini, aku memfoto kobis yang aku dapatkan kaya gini :

Kemudian aku, ummi, dan si kecil melanjutkan perjalanan dengan naik motor… terasa indah banget perjalanan waktu itu, bebas melihat kanan kiri pemandangan lahan pertanian di lereng gunung sindoro dan sumbing. Sambil sesekali mengasih tau nama-nama tanaman sama si kecil, ada tembakau, ada daun bawang, ada jagung, ada teh, ada brokoli, ada kembang kol, ada sawi ijo, ada sawi putih….

Sungguh perjalanan yang amat menyenangkan…. :mrgreen:

Tentang iklan-iklan ini

24 comments on “Foto Gambar Panen Tanaman Kobis – Kol di Lereng Gunung Sumbing

  1. kasiaaaan..blom pernah ngeliat panen kubis ya???
    panen semangka? panen tembakau? panen kacang?
    sayangnya si kubis ini murah ya, ga sepadan dengan bentuknya yang gede bulet 8-)

  2. Subhanaullah, ini tempatnya keren banget, ditempatku nggak ada kebun yang seperti ini, pulau bangka itu panas, hanya ada kebun lada dan karet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s