Cara Membuat Brambang Goreng : Bawang Merah Goreng


Pernah makan bawang goreng ?
Pasti pernah ! Bumbu tambahan pada makanan ini hampir mewarnai setiap masakan. Bisa sebagai pewangi sop, pelengkap nasi uduk.

Pernah bikin sendiri ?
Tidak semua orang pernah ! Nah bagi yang belum pernah dan pengin membuat sendiri (apa ada yah ?) dengan hasil rasa yang enak dan gurih, artikel ini akan menuntun anda cara membuat bawang goreng yang renyah dan gurih.

Yang perlu disiapkan adalah bawang merahnya. Kupas dan bersihkan.

Kemudian rajang tipis-tipis seperti ini.

Setelah itu taburi dengan tepung bumbu agar gurih dan kering seperti ini. Sebenarnya bisa saja tanpa ditaburi tepung bumbu, tapi biar rasanya tambah gurih dan ada asin-asinnya gitu…

Kemudian goreng, setelah warnanya agak coklat angkat dan siap untuk dinikmati.

He he he… dari gambarnya udah terlihat gurih kaya gitu, apalagi rasanya… Kalau pengalamanku, yang paling berkesan bagiku adalah bawang goreng ini menjadi lauk sehari-hari ketika aku kuliah dulu di Medan. Cukup dengan menggoreng bawang merah, margarin dan telor rebus udah menjadi lauk istimewa setiap hari.

Resep ini adalah bikinanku sendiri… selamat mencoba :mrgreen:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Makanan dan tag , , , . Tandai permalink.

45 Balasan ke Cara Membuat Brambang Goreng : Bawang Merah Goreng

  1. saya belum pernah mencoba kalo pakai tepung. :mrgreen:

  2. Sugeng berkata:

    Iya aku juga gak pernah liat brambang goreng dengan tepung. Mending ayam pake tepung bumbu jadinya ayam goreng bumbu :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  3. bundamahes berkata:

    tepung bumbu kan ada MSGnya! :P
    supaya hasil gorengannya lebih bagus, setelah diiris si bawang direndem air garam dulu, insyaAllah hasilnya lebih bagus :oops:

  4. kang ian dot com berkata:

    iya mas saya juga sangat suka bawang goreng ini,,tidak sedap kayanya kalau makan tanpa bawang goreng :D

  5. dina.thea berkata:

    wah mantep neh bawangnya, jadi pingin makan sayur sop :)

  6. ysalma berkata:

    resep baru kalo pakai tepung ini,,
    dan perlu dicoba :)

  7. gerhanacoklat berkata:

    eh ini ahsan yang bikin beneran?
    ahhh koq tak caya kakakmu ini dek :p

  8. giewahyudi berkata:

    Saya bisanya cuma makannya aja,, :)

  9. aciid berkata:

    wah enak tue :D
    q pesan ya bang :p

    #################################
    Mohon dukungannya atas event blog yang sedang saya ikuti..
    Mohon dibantu dengan mengklik “recomend facebook” dan mengcomment artikel saya
    Thanks ya semua :)

    >>> http://www.greand.co.cc <<<<
    #################################

  10. Ping balik: Kopdar « Bundamahes's Blog

  11. nufri l berkata:

    ahhhh…saya lagi lapaaaarr….jadi membayangkan aromanya…..

  12. Ade Truna berkata:

    makan bawang bisa bau ketek *mitos ato bukan?

    *dengan nasi hangat nikmat keknya :roll:

  13. beoding berkata:

    sepertinya itu enak. saya ga bisa masak tapinyaa

  14. yanrmhd berkata:

    siplah…dicoba ya :mrgreen:

  15. Nandini berkata:

    menggoreng bawang merah (dengan atau tanpa tepung) punya trik sendiri.. karna begitu mulai menguning, bawang akan cepat sekali jadi coklat dan hitam.. jadi, musti cepet2 diangkat dan ditiriskan di atas kertas :)

    *sambil ngonceki brambang

  16. tunsa berkata:

    senang nya si istri, suami berbakat :-D

  17. Adi Nugroho berkata:

    Bisa nangis2 aku membuat ini, gak tahan pas mengiris2 brambang, heheh

  18. Devi Yudhistira berkata:

    weeehhh jal mengko inyong njajal sit lahkayane sih enak…

  19. 'Ne berkata:

    iihhhh berarti pas kuliah bau brambang doonk??? :roll:

    kalo makan nasi uduk emang iya pake brambang goreng, tapi buat lauk sehari-hari? wow..
    *alesan padune ora iso nggawe* :lol:

  20. anla arinda berkata:

    paling menderita itu ngirisin bawang merahnya itu ..
    bikin nangis bombay :D

    • ahsanfile berkata:

      Ada triknya koq biar mata nggak perih !
      Kalo biasanya kita melihat dar jarang 30an cm… diperjauh menjadi 60cm… :D akan mengurangi kandungan bawang merah yang menguap yang sampai ke mata

  21. Nenda Enny berkata:

    boleh nenda pesan untuk konsumsi keluarga dirumah?
    anada berdomisili di Tabanan? nenda di bali…bisa kirim kerumah? berapa harga per kilo dan ongkos kirim?

    thanks….tanggapan ditunggu langsung ke email nenda ya..thanks

  22. enu berkata:

    oke jg resep nya,coba nanti sy bikin seperti yg anda buat

  23. aris berkata:

    di sini brambang melimpah tp lom ada yang mengolah pasca panen. minta resepnnya yang pas, seperti ukuran tepung per 1 kg brambang, besar api, berapa lama di rendam di air garam, supaya lebih awet bagaimana mengepaknya? insyaAlloh saya mau buat produksi brambang goreng, di ponorogo masih lom banyak brambang goreng buat camilan dan oleh oleh. tlng hub saya ya ni no saya 083867997999 trim mas ahsan. klo berhasil nanti mas ahsan dpt royalty

    • proletar86 berkata:

      sahabat aris,,,,,perkenalkan nama saya wahyu, asal dari kota probolinggo. saya saat ini sedang bermain dibisnis bawang goreng kemasan (50 gr, 100 gr, & 500 gr). pangsa pasar (alhamdulillah) sudah menembus daerah makassar dan sekitarnya.
      resep dan proses produksinya tidaklah rumit kok,,,,hanya bbutuh ketelatenan, kesabaran, dan kemauan keras saja :) jika sahabat aris berminat utk berbisnis bawang goreng (sbg produsen ataupun dsitributor), saya siap utk berbagi dg Anda :). ini no HP saya : 085234524300.
      untuk melihat display produk bawang goreng yg saya produksi, silahkan saja kunjungi grup facebook : nusantarafood@groups.faceboook.com.
      “sukses untuk berbagi, berbagi untuk sukses”,,,,itu slogan kami.

      salam progresif!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s