Mengenal Belimbing Wuluh – Foto Gambar Belimbing Sayur – Averrhoa Bilimbi


NATURE EDUCATION PART VI

Belum beranjak dari hoby memperkenalkan lingkungan sekitar pada jagoan kecilku, kemarin saat ada kesempatan jalan-jalan di kantor tempat kerja, di sana ada beberapa pohon belimbing jawa atau belumbing wuluh atau belimbing sayur. Tahan dulu iler anda membayangkan menggigit buah yang amat sangat kecut ini. Tapi dibalik kecutnya banyak sekali manfaat dari mulai sayur, obat sariawan ampai sumber vitamin c. Kalau aku biasanya dibuat sambel … enak lho sambel blimbing wuluh… !

Mari kita lihat satu per satu bagian pohon ini dari mulai bunga sampe buah yang sudah masak. Bentuk yang masih bunga terlihat bergerombol kecil-kecil. Kelopak bunganya berwarna merah hati, menempel di mana saja sepanjang batang dan kulit pohonnya. Gambarnya seperti ini :

Pertumbuhan buah belimbing wuluh umumnya tidak kompak. Ada yang besar dan ada yang kecil. Buah belimbing setauku berbuah sepanjang masa asal tempat tumbuhnya subur…

Kalau gambar yang ini sudah siap untuk dipetik. Kelihatan sekali perbedaan saat masih muda dengan yang sudah tua. Kalau masih muda cenderung warnanya ijo muda pucat, tapi kalau sudah tua warna ijonya kuat menggambarkan banget rasa kecutnya.

Oh iya, dulu pas waktu kecil aku suka makan buah belimbing ini yang sudah mateng. Rasanya lebih manis dan tidak terlalu kecut. Kalau yang sudah mateng bentuk dan warnanya menjadi kekuningan bening, nih gambarnya :

He he he… kelihatan manis kan, nggak ada bayangan kecut sama sekali… Oh iya kalau yang masak dijejerin sama yang masih muda, seperti ini penampakannya :

Hiiii ada penampakan kuku yang kotor sekali… Tenang sodara-sodara… itu dari habis mainan tanah dan pasir bareng si kecil… jadi belum dicuci… :D. Oh iya, dari tadi mbahas buahnya saja, sementara bentuk daunnya kelewatan.

Bentuk daun belimbing wuluh ini uni. Kalau yang penciumannya tajam daun pohon belimbing agak sedikit langu, tetapiĀ  baunya menggambarkan sebuah rasa kecut jika dimakan. Kaya gini nih bentuknya :

Oh iya, ternyata belumbing wuluh inipun memiliki beberapa jenis. Ada yang buahnya mulus,mtapi ada juga yang buahnya agak mrengkol-mrengkol kulitnya (lah bahasa indonesianya mrengkol apa ya ?) pokoknya kaya gini bentuknya :

Kalau diperhatikan sekilat malah mirip dengan buah labu ijo atau labu siam… tapi inilah kekayaan alam indonesia yang nggak diurus dengan baikpun buahnya bagus-bagus…

Jika diperhatikan buah jenis yang mrengkol ini lebih pendek tapi lebih besar-besar.. kalo yang jenis mulus memanjang tapi kecil… Selama ini sih aku nggak menemukan perbedaan yang terlalu untuk kedua jenis ini. Tapi untuk jenis yang mrengkol ini rasanya lebih kecut baik yang udah mateng ataupun belum.

Satu lagi, buah blimbing wuluh ini relatif kebal terhadap ulat, mungkin karena rasanya yang kecut banget apa ya ? … semoga mas alam sudi untuk menjelaskanya :D

Lihat juga artikel tentang serial nature education lainnya.

Tentang iklan-iklan ini

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Alam, Foto dan tag , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Mengenal Belimbing Wuluh – Foto Gambar Belimbing Sayur – Averrhoa Bilimbi

  1. Nandini berkata:

    Sambel blimbing wuluh?? tulis resepnya mas ahsan…. :mrgreen: duuh netes nih bayangin kecutnya.. :lol:

  2. ysalma berkata:

    dirumah ortuku dikampung ada ini,,
    campuran sambel emang seger,, disayur sama ikan juga maknyus :)

  3. Zahra berkata:

    Pernah coba buat manisan blum?
    Manisan kering,,wih,,seger dech. Sarah punya pohonna tpi sekarang di tebang beberapa, wktu itu pernah coba jualan manisan blimbing wuluh..depok gitu loch, rajana belimbing..

  4. bintang berkata:

    waktu jaman sekolah SD,
    depan sekolah saya ada pohon belimbing wuluh,
    tiap mau masuk saya ambil satu,
    pas dikelas ngantuk harus gigit belimbingnya.
    Rasanyaaaaa,
    beeeeh,
    langsung melek mata :lol:
    *ketauan kalo tukang tidur*

    • ahsanfile berkata:

      Wah ide bagus neh… bisa dicoba ntar kalo lagi berangkat kuliah…
      hi hi hi… jadi pas ngantuk gigit blimbing….

      **ketauan juga aku tukang molor dikelas .. :D

  5. Adi Nugroho berkata:

    ahahaha,
    Kadang tak pake campuran jus,
    Biar ada acem2 nya

  6. bundamahes berkata:

    yang di depan rumah yang brongkol-brongkol begtiu dan buahnya selalu habis dipetikin ma si kecil :cry:

  7. masyhury berkata:

    Liat gambarnya saja udah terasa banget kecutnya..
    dulu aq suka banget ngemut yang masih muda, rasanya gimana gitu..
    hihi.. :D
    sekarang pohonnya udah di tebang! :lol:

  8. achoey el haris berkata:

    Rasanya sem kan
    kalo gak salah pernah nyobain :D

  9. Dony A. berkata:

    Loh kok bentuknya bukan bentuk bintang? :o Bahasa Inggrisnya masih tetap starfruit gak ya kalau bentuk belimbingnya tidak bintang? :lol:

  10. zhanaz45 berkata:

    Teringat waktu kecil sering nyolong di tetangga belimbing kecut ini tapi enaknya bareng ama temen truz pake garam wahh.. jadi sama2 kecutt dechh…

    nais posting sobb..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s