Anak sehat itu yang responsif terhadap lingkungan alam !


#edisi pulang kampung

Salah satu janjiku pada anak-anak adalah kalau pulang kampung ke rumah mbah, boleh hujan-hujanan, boleh mainan tanah, lumpur, kotoran hewan dan sejenisnya. Kalau di jakarta, hal itu adalah terlarang dan berindikasi aku marahi…  karena di jakarta itu sudah kotor dan rawan penyakit… kalau di rumah sana, masih bersih dan nggak berbahaya…

Jadi kemarin saat pulang kampung, mereka sangaaat seneng aku biarkan mainan tanah dan lumpur di dekat rumah… Saking senengnya tangan mereka yang kotor minta di foto… aduh….

20130518_133523

Lho emangnya nggak berbahaya yah main benda-benda kotor kaya gitu ?
Menurutku, itu akan sangat berbahaya buat anak rumahan ! tapi nggak berbahaya bagi anak yang sudah kenal dengan alam.

Coba sekarang lihat,
Ada anak kecil, baru kena angin atau kena hujan dikit aja udah masuk angin dan sakit ! Yang kaya gini nih, biasanya anak rumahan yang oleh orang tuanya dijaga ekstra ketat kesehatannya. Ini nggak boleh, itu nggak boleh. Ada sisi baiknya, tapi juga ada sisi jeleknya yaitu sama lingkungan alam tubuh anak tersebut tidak responsif.

Ada juga anak kecil yang kena hujan, kena angin, makan biasa-biasa aja… sehat-sehat aja tuh… dan itulah aku waktu kecil. Dan aku ingin anak-anakkku seperti itu…

Tentang iklan-iklan ini

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Tulisan ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Anak sehat itu yang responsif terhadap lingkungan alam !

  1. pursuingmydreams berkata:

    Klo kena gerimis ya bisa sakit, kalau hujannya derass sekali ga bikin sakit ko, malah asyikkk main hujan2an dg teman2, jd ingat masah kecilku, kalau hujan deras bersorak senang langsung keluar rumah bersama adik2 :D selesai hujannya mandi air panas, makanpun jadi lahap :)).

  2. jatijowo berkata:

    Benar juga kalo kita jangan terlalu banyak melarang anak untuk bermain di alam, karena kondisi fisik mereka harus terbiasa dengan alam luar. Karena kita hidup juga tidak hanya didalam rumah saja bukan,,??? Heheeeee

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s