Menanam jagung jali – Bermanfaat untuk obat dan mencegah kangker


Beberapa waktu yang lalu ada seorang yang tanya ke aku mengenai jagung jali yang ada di pekarangan belakang rumah. Informasinya untuk dijadikan obat kangker. Aku malah baru tau soalnya selama jagung jali ini  tumbuh liar dan dibiarkan begitu saja tumbuhbtidak terurus di halaman belakang di antara kolam ikan.

image

Ternyata ada manfaatnya ya jagung ini, walau aku lebih setuju ini di dikatakan padi, karena lebih dekat bentuk pohon dan buahnya dengan padi dari pada jagung. Mungkin namanya padi jali. :)

image

Pohon jali ini tumbuh dan terus bertambah banyak. Padahal tidak pernah diurus atau diperlakukan khusus. Batang baru selalu tumbuh dari pangkal rumpun berupa tunas yang akan menggantikan batang yang sudah tua. Nantinya batang yang sudah tua akan mengering beserta buah-buahnya yang juga sudah tua.

image

Selain itu tanaman baru juga tumbuh dari biji yang jatuh disekitar situ. Jadi tanaman jali ini mudah banget berkembang biak. Dari tunas dan dari biji. Beda sama jagung atau padi yang jumlah batangnya itu terbatas dan sekali hidup saja.

Biji yang dapat di jadikan obat itu yang sudah tua. Yaitu yang kulitnya sudah putih atau hitam. Untuk jali sebagai obat ini aku belum begitu jelas proses dan manfaatnya, tetapi yang jelas nggak sia-sia pohon jali ini tumbuh liar di halaman belakang rumah.

image

Jadi kalau ada yang membutuhkan biji jali ini, hubungi aku saja ntar aku kirimkan. Seperti kemarin ada temen dari lampung yang juga membutuhkan biji jali ini untuk obat. Tinggal aku petikin dan aku paketkan.

About these ads

Tentang ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Alam, Buah, Kebun, Kesehatan, Perkebunan, Pohon, Review dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Menanam jagung jali – Bermanfaat untuk obat dan mencegah kangker

  1. danirachmat berkata:

    Baru tahu mas kalo ini namanya jagung bali. Dulu pernah banyak tumbuh disekitar rumah di surabaya. Banyak dijadikan mainan perhiasan. Barut ahu juga bermanfaat buat kangker..

  2. Rahmat_98 berkata:

    Tanaman ini alhamdulillah di pekarangan saya saat ini tumbuh juga…
    Di cikarang biasa di sebut jeng jeli, dan buahnya biasa di gunakan sebagai biji tasbih :D

    • ahsanfile berkata:

      Wah bisa minta ntar mas ya kalau stok saya lagi habis … itu jenis yang apa mas ?
      jali ketan apa jali batu, dilihat dari ukuran bijinya. Kalau besar-besar berarti jali ketan, tapi kalau kecil-kecil itu jali batu mas yang bisa untuk obat

  3. Ambu Kinan berkata:

    Dear mas Ahsan, saya mau biji jalinya, buat ngobatin penyakit kulit, kira2 stoknya masih ada ga? saya di daerah batam. tq

  4. tomy berkata:

    saya berminat membeli biji jali untuk mengobati orang tua saya. bagaimana caranya saya bisa mendapatkannya. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s