Foto Gambar Buah Nanas Merah – Ananas Bracteatus


Pernah lihat buah nanas merah ?
Biasanya buah nanas merah ini ditemukan dalam sajen dan jarang yang membudidayakan untuk buah sebagai makanan… padahal buahnya yang besar dari nanas biasa…

Kemarin pas lagi ngumbar anak-anak di rerumputan yang luas (bukan angon anak lho) aku menemukan rumpun nanas yang lagi ada buahnya… ya udah deh aku langsung foto-foto  sambil ngasih tau ke si kecil kalau pohon nanas itu :

  1. Daunnya berduri, cara megang daunnya kudu ati-ati
  2. Kalu mau memetik buahnya ditarik dulu daun di tunasnya, kemudian diposisikan agar tangkainya bisa di potong, setelah terpotong angkat nanas dengan memegang satu daun di tunasnya, baru dipegang tangkainya agar tidak kena durinya.
  3. Buah nanas itu enak (tapi aku nggak ngasih tau koq kalau buah nanas bisa digunakan untuk mengugurkan kandungan atau mencegah kehamilan:mrgreen: )

Nih dia foto-fotonya…

Nih dia rumpun nanas merah ini

Secara alami, buah nanas memiliki beberapa tunas kecil yang menempel di buahnya. Tunas ini akan tumbuh jika jatuh ke tanah atau jika ditanam di tempat lain.

Secara ukuran, buah nanas merah ini termasuk besar. Sebenarnya cocok untuk dibudidayakan sebagai buah yang dapat dimakan, tapi nggak tau tuh kenapa malah banyakan untuk sajen.

Detail gambar tunasnya kaya gambar di bawah ini.

Nanas merah sekarang agak susah ditemukan di kebun-kebun… entah karena apa aku nggak tau …

32 comments on “Foto Gambar Buah Nanas Merah – Ananas Bracteatus

  1. bundamahes mengatakan:

    di kebun mertua saya ada buah ini😀
    dan sering dijadikan variasi dalam oseng-oseng kacang, enak lho!

  2. Adi Nugroho mengatakan:

    sepertinya kok yummy ya, hehee..
    Tapi jarang ada pemanfaatan nanas merah ini.. Tapi saya sering lihat cuma buat hiasan saja, belum pernah mencoba rasanya, hhehehe

  3. alamendah mengatakan:

    (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Di dekat tempat saya ada. Tapi pas lewat kemarin keknya lagi gak ada buahnya. Lagian di sini kalaupun berbuah biasanya gak sampai segedhe itu.

  4. Maskur mengatakan:

    kaya nanas ostrali to

  5. Mabruri Sirampog mengatakan:

    wow, nanass….
    dulu di kebon kakek saya sering ditanami nanas, tpi sekarang sudah ga ada…😀

  6. Triunt mengatakan:

    eh kok saya malah abru tahu.
    itu lebih enak kah?

  7. tunsa mengatakan:

    mau merah, kuning, ijo, yang jelas gak percaya adanya kalo blm nyicipi dari abang:mrgreen:

  8. fenyot mengatakan:

    jadi haus kalo liad nanasny
    Hwahahahaah

  9. 'Ne mengatakan:

    pitik walik saba kebon😆

  10. edratna mengatakan:

    Buah nanas memang enak….bagi yang hamil muda disarankan tidak makan buah nanas (entah kenapa)..tapi jika usia matang malah disarankan makan buah nanas yang banyak, dan yang ditengah ikut dimakan (tidak dibuang) karena merupakan anti oksidan dan juga menjaga penguatan tulang (saran dokter kandungan)

  11. jarwadi mengatakan:

    dulu saya sangat suka dengan nanas, tetapi sekarang maag telah membatasi seleraku, hiks, ternyata nanas ada yg merah, setahuku yang banyak ku beli dulu warna hijau. kuning kalau udah masak

    • ahsanfile mengatakan:

      He he he… species nanas emang cukup banyak, tingkat kegurihan rasanya juga berbeda… Didesaku sendiri ada sekitar 5 jenis … hitam, ostrali, ijo, gulabatu dan nanas bulat

  12. MENONE mengatakan:

    rasanya gmn ya?……hmmmmmmmm pa sama kayak nanas2 yg kuning2 to hehehehehehheeh

    salam persahabatn selalu dr MENONE

  13. ysalma mengatakan:

    Baru tau sama nanas merah ini,,
    emang buat sajen apa,,, si Om tau dunia perdukunan juga yaa:mrgreen:

  14. saya mengatakan:

    bukannya buah ini di sebut juga dapt menggugurkan kandungan?

  15. minute maid pulpy ID mengatakan:

    wah baru liat nih. makasih sudah berbagi🙂

  16. erni mengatakan:

    di depan rmhku ada 2 yg sdng berbuah, beneran nih bisa di makan

  17. fahrul mengatakan:

    Beli nanas merah muda dimana ya

  18. ana mengatakan:

    dimana mau beli nanas merah ini?mohon infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s