Ketika iguana – bunglon berteduh di bawah daun pepaya saat hujan lebat


Barusan sekitar rumah saya hujan lebat sekali. Bahkan saking lebatnya, antara jalanan dengan got dengan tembok rumah itu sudah disatukan oleh genangan air. Udah kaya sungai pokoknya. Pas hujan reda, aku sepedaan jalan-jalan keliling komplek untuk mencoba nostalgia bau hujan yang bercampur dengan tanah. Tapi ternyata nggak seperti yang aku bayangkan. Baunya bukan bau segar seperti ketika hujan lebat di desa saya, di sini malah kotor dan bau nggak sedap karena isi got pada berserakan di jalan.

image

Tetapi kekecewaanku agak terobati ketika melihat sesuatu yang aneh di lebatnya daun pepaya. Seperti ada hewan yang sedang bersembunyi di bawah pupus-pupus daun pepaya.

Awalnya aku kira itu adalah katak pohon yang lagi berteduh, agak pelan-pelan aku mendekatinya, soalnya dia katak pohon kalo takut atau merasa ada musuh akan lompat sambil kencing yang baunya sangat tidak enak untuk disebutkan. Bahkan beberapa jenis itu kalo kena mata bisa menyebabkan kebutaan.

image

Ternyata setelah dekat, itu seekor seperti bunglon tetapi ekornya pendek. Aku lebih setuju itu bunglon, tetapi dia tidak melakukan mimikri yaitu tetep berwarna coklat, kalau bunglon kan akan mengikuti warna disekitarnya. Lagian juga ekornya pendek tidak sepanjang ekor bunglon yang biasa aku temui.

image

Atau itu seekor iguana yang masih kecil ? Atau lepas dari kandangnya ?

Entahlah, yang aku tau pasti hewan ini sedang bersembunyi di bawah daun pupus pepaya yang rindang dan teduh dari hujan lebat barusan.

Ada yang tau nama hewan ini ?

Iklan

5 pemikiran pada “Ketika iguana – bunglon berteduh di bawah daun pepaya saat hujan lebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s