Tawon dan lebah yang hidup di area kota besar – Sudah beradaptasi makananya bukan madu atau nektar


Agak heran kemarin lihat lebah madu, tetepi nggrumutnya bukan bunga seperti biasanya, malah buah pepaya. Apa karena sudah nggak ada stok bunga yang mencukupi ? Apa karena rasanya yang manis seperti madu ?

image

Aku lebih setuju kalau lebah atau tawon yang hidupnya di daerah perkotaan itu telah beradaptasi untuk memakan yang penting manis untuk menggantikan madu yang kini bunga itu telah jarang sekali di perkotaan.

Dengan melihat kondisi kota sebagai daerah yang tidak hijau, banyak polusi dan jarang sekali bunga bermadu, sebenarnya bukan tempat tinggal yang cocok buat mereka. Tetapi jika ada sebuah lokasi kecil seperti kebun binatang atau taman, dan tawon atau lebah itu ada di sana, maka pilihan makanan akan sangat sedikit.

Nggak mungkin akan keluar dari area taman atau kebun binatang jika stok bunga bermadu itu sudah tidak mencukupi. Nah alasan itulah yang membuatku mengambil kesimpulan bahwa tawon atau lebah yang tinggal di sana lebih baik beradaptasi untuk memakan sari buah yang ada di sana.

Foto di atas adalah lebah-lebah sedang bareng menggerumuti buah pepaya yang sebenarnya oleh pemilik kebun binatang untuk burung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s