Belajar fotografi – Ulat keket warna warni – Musim ulat di akhir tahun 2013


Oke, ini tanggal 31 Desember 2013 malam, kalo yang lain pada sibuk mengakhiri tahun 2013 dengan menghabiskan duit jadi petasan dan kembang api, atau bakar-bakar ikan, aku di rumah saja melihat hasil latihan foto macro sore tadi.

PERINGATAN:
Bagi yang alergi sama ulat, jangan meneruskan membaca tulisan ini karena di dalamnya banyak sekali ulat-ulat. Walaupun bagus tetapi jika anda alergi dan jijik lebih baik tidak usah dilihat ulatnya.

image

Rupanya sekarang sedang musim ulat menetas dari telurnya. Berbagai jenis ulat aku lihat di akhir desember kali ini. Mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Semuanya yang aku lihat bukan ulat yang gatal, tetapi ulat-ulat yang tanpa bulu atau biasa disebut ulat keket. Contoh salah satunya adalah gambar di atas.

Foto-foto ulat berikut ini aku ambil dengan mode macro di sebuah pagar tanaman depan masjid di kantor.

image

Mereka sedang memakani daun-daun tanaman hias pembatas jalan dengan taman. Agak aneh si jadi bentuk tanamannya karena jadi brundul daun-daunnya. Tapi dengan melihat ulat yang indah ini, perasaan sayang karena tanamannya yang rusak jadi impas.

image

Ulat-ulat ini begitu semangatnya memakani daun-daun yang ada di depannya.

Oh iya di rumah juga tanaman jeruk saya daun-daunnya hampir habis. Dimakani ulat-ulat sejenis.

image

Aku nggak tau mengapa mereka bisa memakan daun apa saja asalkan daun itu teksturnya halus dan nggak beracun serta nggak bergetah. Seperti daun uwi, daun jeruk, daun kembang sepatu dan sejenisnya.

image

Sekalian juga aku mengabadikan ulat-ulat ini sebagai latihan fotografi. Yaaa agar ntar para blogger yang menggunakan “phone camera” seperti saya tidak dipandang sebelah mata oleh para fotografer yang menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. Aku yakin walau dengan phone camera seperti ini juga bisa mendapatkan kualitas gambar yang nggak jelek-jelek amat.

Bagus nggak ulat-ulatnya ?

Iklan

17 pemikiran pada “Belajar fotografi – Ulat keket warna warni – Musim ulat di akhir tahun 2013

  1. Cantik2 itu Ulat, nanti jd Kupu-kupu yg lebih cantik deeh.

    Boleh tau pakai Hp apa mas..??
    Saya jg jeprat jepret pakai Hp ko..lebih praktis soalnya hehe

  2. Saya jijik lihat ulet, tapi penasaran lihat bentuknya hehe. Makin lama dilihat ada kecantikan tersendiri, apalagi ulat2 tsb nantinya akan berubah menjadi kupu-kupu tambah cantik deh 😉 .

  3. ada banyak jenis ulat seperti ini, ulat ini adalah keluarga spingidae tapi speciesnya belum saya ketahui, tetapi yg di uwi itu sudah jelas adalah Terhetra tapi yg belum jelas apakah dia Terhetra Nessus atau Terhetra Cloto. dan saya rasa itu adalah Terhetra Nessus karna ukurannya yang sangat besar, begitupun kupu2nya. oh iya jenis kupu2 ini adalah kupu2 yg terbang dimalam hari..

  4. Ping balik: Ulat bulu misterius, Tiba-tiba datang, sudah banyak, menghabiskan daun benalu depan rumah | Ahsanfile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s