Gambar aneh – Sarang kumbang untuk menetaskan telur menjadi larva – Angson-angson


Tadinya aku kira secuil tanah yang nenempel di tembok karena ada anak-anak habis main lempar-lemparan tanah. Tetapi koq makin lama makin gede dan bentuknya seperti aku kenal. Seperti rumah tawon yang menempel di tembok atau pagar rumah dulu di tempat tinggal saya. Nih dia penampakannya:

image

Ini adalah sarang tawon atau kumbang untuk menetaskan telurnya. Isinya adalah larva yang kelak akan menjadi kumbang. Jika lebah madu menyediakan nektar bunga yang akan menjadi nadu persediaan makanan bagi larva kecilnya, kalau tawon ini bukan madu, tetapi ulat yang dilumpuhkan dan tetap hidup untuk dimakan larvanya. Cukup mengerikan memang.

image

Induk tawon atau kumbang akan menangkapi ulat, dilumpuhkan dengan sengatannya dan kemudian dimasukan ke dalam sarang. Di dalam sarangnya ditaruh telur yang akan menetas menjadi larva. Larva-larva ini akan memakan ulat-ulat ulat yang sudah lumpuh. Ulat-ulat lumpuh itu tidak akan busuk dan atau mati. Mereka hanya lumpuh tetapi tidak mati dan membusuk. Sungguh hebat racun sengatan itu. Sehingga larvanya akan tetap mendapatkan makanan yang segar.

image

Satu rumah bisa beris 4 sampai lima larva yang dipisahkan oleh sekat-sekat. Rumah itu rapat tertutup bahkan tidak bisa dimasukin air walau kehujanan. Foto-foto ini sebagai buktinya. Isi di dalamnya tetap kering dan nyaman untuk anak-anak yang masih lemah.

Contoh jenis tawon atau lebah yang aku tau namanya di tempatku itu angson-angson. Jenis lebah yang nggak berkoloni, hidup sendiri-sendiri. Nggak pernah aku temukan sarangnya yang berisi banyak anggota. Aku sering melihatnya sedang membawa lebah atau ulat yang sudah lumpuh.

Sungguh luar biasa ciptaan Allah SWT…

Posted from WordPress for Android via EK GC100

Iklan

4 pemikiran pada “Gambar aneh – Sarang kumbang untuk menetaskan telur menjadi larva – Angson-angson

  1. Ping balik: Jamur aneh – Tiba-tiba ada jamur tumbuh di tembok | Ahsanfile

  2. nice info, kmaren sy nemuin sarang tawon yg cukup gede di gagang sapu yg lama g kepakai, pas dikibasin ampe lepas ternya isinya ulat ijo gede2, sampai kaget karena sempat tak kira larva tawaon bentuknya kaya ulat2 daun gitu.. masih penasaran sampai akhirnya nemuin artikel ini. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s