Konsisten Bekerja Dari Rumah – Cara fokus kerja dari rumah – Home Office


Saat ini berangkat dan pulang pergi ke kantor di itu bukan sesuatu yang kurang menyenangkan karena macet karena capek dan membuang waktu yang akibat utamanya adalah berkurangnya atau rusaknya mood untuk bekerja. Sangat berpengaruh untuk jenis pekerjaan yang sifatnya itu berpikir, berkreasi, desain, develop dan lainnya yang sifatnya menghasilkan karya.

Walau memang home office ini tidak cocok untuk jenis pekerjaan administratif yang bersifat rutinitas seperti sekretaris, resesionis, pelayanan loket, kasir, dan sejenisnya. Tetapi home office sepertinya sekarang sudah mulai dilirik sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas hasil pekerjaan.Bagaimana home office bisa meningkatkan kualitas pekerjaan ?
Kuncinya adalah fokus dan fresh dengan suasana yang disukai oleh seseorang yang bekerja dari rumahnya.

Banyak kantor-kantor yang demi membuat karyawanya nyaman membuat fasilitas dan norma “jadikan kantor itu rumah kedua” yang intinya adalah agar karyawan ketika bekerja itu dapat dengan nyaman seperti nyamannya dirumah sendiri.

Atau juga banyak orang yang membawa perabotan-perabotan rumah ke kantornya untuk ditempatkan diruang kerja seperti foto keluarga, patung, boneka, lukisan bahkan ruangan kerja didekorasi ulang agar seperti di rumah.

Hal itu menunjukan kalau pada dasarnya orang akan merasa lebih nyaman jika suasana kerjanya adalah suasan rumah.

Masalah terbesar bekerja dari rumah adalah mental yang tidak disiplin !
Di Indonesia, home office belum banyak di adopsi karena ternyata malah menimbulkan kekacauan pekerjaan. Karena tidak diawasi malah mengerjakan job yang diberikan sesuka hati, santai-santai dan merasa banyak waktu.

Karena merasa banyak waktu, tidak ada yang menegur jika melakukan hal-hal yang bersifat pribadi, tidak ada bos yang ngawasin, akhirnya kebanyakan orang akan mengerjakan job di akhir waktu yang malah hasilnya berantakan dan tidak akan maksimal. Akan sangat beda antara pekerjaan yang diproses dalam waktu yang semestinya dengan yang dikerjakan dengan terburu-buru.

Cara agar kerja dari rumah berhasil dengan baik

Selain masalah utama “home office” harus diselesaikan dengan cara pembentuka mental yang berdisiplin tinggi, maka hal lain yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal ketika menerapkan “home office” adalah sebagai berikut:

  • Sudah jelas job yang akan dikerjakan
  • Sudah ada mekanisme untuk diskusi, koordinasi dan komunikasi antar pihak
  • Sudah ada fasilitas yang memadai
  • Sudah ada time line dari pekerjaan yang sedang dikerjakan

Job yang jelas akan memberikan panduan apa yang harus dikerjakan dan diselesaikan di rumah. Mekanisme komunikasi, diskusi untuk koordinasi pekerjaan sangat penting jika pekerjaan dilakukan oleh tim. Fasilitas yang memadai akan membantu menjamin terwujudnya point nomor dua. Time line pekerjaan akan menjadi pedoman untuk bisa menyelesaikan terget pekerjaan sesuai dengan waktunya.

Dan home office adalah salah satu cita-citaku !

Iklan

7 pemikiran pada “Konsisten Bekerja Dari Rumah – Cara fokus kerja dari rumah – Home Office

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s