Sambal bunga jahe – Enak, gurih dan pedasnya lebih mantap – Foto gambar tanaman dan bunga jahe


Pagi ini, sambil megangin kepala yang masih ngelu, aku nulis salah satu kenangan soal sebuah sambal yang sangat khas, bahkan mungkin khas di rumahku saja. Yaitu sambal bunga jahe. Kalau biasanya orang bikin sambal itu sambal tomat, sambal terasi, sambal kacang, tapi yang dulu sering emak bikin adalah sambal bungan jahe.

Kaya gini nih bunga jahenya:

ahsanfile bunga jahe untuk sambal

Bunga jahe itu aku ambilin dari ladang jahe yang oleh ayahku tanam di kebun. Dia itu merupakan tanda kalau umbi jahenya sudah tumbuh lagi selain dari yang ada di batangnya. Jadi kalau 1 rumpun jahe itu ada 3 batang pohonnya, jika umbi jahenya masih tumbuh terus maka dari salah satu atau dua umbi yang baru itu akan tumbuh bunga.

ahsanfile gambar pohon tanaman jahe beserta bunga

Jadi dari luar bisa diketahui ukuran besarnya atau banyaknya umbi dari satu rumpun jahe. Kalau banyak batang pohonnya dan banyak bungannya, berarti ukuran umbi jahe dalam satu rumpun itu besar dan panjang-panjang, contohnya adalah gambar di atas, kelihatan umbi jahenya banyak. Kalau cuma 1 pohon dan 1 bunga berarti jahenya kecil, kaya gambar di bawah ini:

ahsanfile bunga jahe tumbuh dari tunas

Lha koq malah mbahas tanaman jahe…. kan judulnya sambal bunga jahe ! …

Lha trus cara membuat sambel bunga jahenya gimana ?

Gampang koq, siapkan dulu cabe, bawang putih, bawang merah gula merah dan garam. Untuk urusan cabe, aku dulu juga metik sendiri di kebun.

ahsanfile cabe memetik di kebun

Bersihkan bunga jahenya, potong-potong yaa sepanjang 2cm kemudian goreng beserta cabe, bawang merah dan bawang putihnya. Setelah mateng seperti matengnya nggoreng tomat ketika akan disambal, angkat dan langsung masukan ke tempat ulekan (ciri).

Langsung deh ulek sampai halus, jangan lupa kasih garam dan sedikit gula merah. Nggak usah pakai micin biar sehat. Tapi kalau aku dulu karena belum tau micin itu kurang sehat ya aku kasih aja banyak-banyak biar gurih.

Dan walau dengan lauk sambal bunga jahe saja, aku bisa habis 3 piring nasi. Kalau pagi itu kan nasi masih kebul-kebul jadi sangan nikmat makan sambil duduk di teras dengan bersila atau jegang… makannya pakai tangan.

Ada yang pernah makan sambal bunga jahe ?

Iklan

16 pemikiran pada “Sambal bunga jahe – Enak, gurih dan pedasnya lebih mantap – Foto gambar tanaman dan bunga jahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s