Ngalor ngulon – Daftar adat kejawen yang mempersulit pernikahan


Akhir-akhir ini karena saya lagi sakit, jadi aktivitas blogging dari foto menjadi terhenti. Ntar nunggu sembuh baru lanjut foto-foto lagi. Dan untuk mengisi acara istirahat total saya, aku tulis saja hal-hal yang sering ditanyaoan temen-temen padaku mengenai salah satunya:

Bagaimana meyakinkan orang tua yang tetap menggunakan adat kejawen sehingga rencana pernikahan menjadi gagal ?

Ada sebuah perhitungan jawa yaitu ngalor-ngulon. Arah rumah kedua calon itu jika ditarik garis lurus masih diantara area arah utara dan barat atau lebih gampangnya arah barat laut. Atau ada jalan lurus dari rumah calon yang satu ke utara kemudian belok ke arah barat dan disitu rumah calon yang satu lagi. Berlaku juga untuk arah sebaliknya yaitu arah tenggara.

Mengapa sampai menjadi larangan untuk melakukan pernikahan jika rumah calon itu memenuhi kondisi ngalor-ngulon ?

Nah kalau sudah sampai di sini, ada perbedaan antar daerah dalam prakteknya. Aku bercerita tentang yang di daerahku. Yaitu arah ngalor itu adalah arah orang mati dikuburkan. Arah ngulon itu arah wajah orang mati yang dikuburkan. Jadi ngalor ngulon itu sama seperti orang mati dikuburkan. Filosofinya seperti itu.

Kepercayaan yang muncul akibat ngalor-ngulon ini adalah nantinya kehidupan berumah tangga akan seperti orang mati. Rasanya seperti kematian. Bencana besar sehingga menyebabkan rumah tangga seperti mati. Bahkan sampai kepercayaan yaa anggota keluarga baik suami atau istri akan mati jika melanggar perhitungan ngalor-ngulon ini.

Kelemahan kepercayaan ini yaitu:
Ada atau lahir setelah islam masuk ke tanah jawa (atau kalau ada yang tau kapan persisnya bisa tulis dikomentar tulisan ini sebagai koreksi). Yaitu tentang cara-cara menguburkan mayat orang mati yang ngalor arah tubuhnya dan ngulon arah wajahnya. Pertanyaannya bagaimana dengan pernikahan sebelum masa islam masuk ke tanah jawa yang jika dihitung arah rumahnya itu ngalr ngulon.

Hanya berlaku di tanah jawa saja. Pertanyaannya adalah bagaimana dengan daerah  lain yang juga arahnya ngalor ngulon ? Mengapa mereka tidak mengalami bencana seperti yang ditakutkan orang jawa yang percaya pada kondisi pernikahan ngalor-ngulon.

Tinjauan dari sisi agama:

Ini jelas sebuah kepercayaan terhadap sesuatu yang menandingi kekuasaan Tuhan. Ngalor-ngulon itu bisa mendatangkan bencana jika dilanggar. Jika dituruti akan memberikan kebahagiaan atau keselamatan. Hal ini sama saja dengan sebuah kesyirikan dalam ajaran agama islam.

Tetapi itu adalah sebuah kebenaran bagi penganut kepercayaan kejawen!

Dan ada orang yang sudah ngerti ajaran islam, tetapi mati-matian

mempertahankan ajaran kejawennya.

Dan ada orang yang marah dan tersinggung ketika disampaikan padanya tentang ajaran islam mengenai ilmu ketuhanan yang bersih.

Dan juga ada orang yang dengan logikanya tetap membenarkan kedua ajaran ini dan memakai keduanya.

Dan bagaimana sikap yang benar ?
Di sinilah letak hidayah Allah itu akan terlihat. Setiap orang ingin dan selalu berdoa agar setiap langkahnya dalam jalan dan lindungan Allah. Sehingga ada orang yang dengan yakin bahwa ajaran islam adalah satu-satunya pedoman hidup. Segala sesuatu yang bertentangan harus ditinggalkan.

Iklan

43 pemikiran pada “Ngalor ngulon – Daftar adat kejawen yang mempersulit pernikahan

  1. lekas sembuh masbro..

    masih banyak masyarakat Jawa yg menggunakan itung2an dalam perjodohan dan pernikahan, adat istiadat yang sebenarnya merupakan khurafat.

  2. Ping balik: Mengapa anak pertama dengan anak ketiga tidak boleh menikah menurut adat kejawen ? | Ahsanfile

  3. cinta terhalang oleh adat….gak keren banget tapi itu lah yg terjadi pada diri ini. mau melawan tp musuhnya bapak kandung jadi piyeeeee…. seumpama yg menghalangi selain kedua orang tua maka akan sy terjang tu adat. adat jawa itu ribet bagi yang mengalami.

    • Solusny apa yo,,saya tau tp tdk mnjamin bnar g nya,,nikahnya d bwa k luar tanah jawa,misalkn d bali kn udh g d tnh jawa,,tp sbelum itu cba tanya yng lebih tau lg aja,wassalam,, kayin banyuwangi..

      • kata keluargaku, salah satu menjelang pernikahan harus pindah rumah dulu, misalnya numpang di rumah saudara/kerabat yg letaknya gak ‘ngalor-ngulon’
        aku sm dia pun gitu, letak rumahku sm dia pas banget ngalor ngulon kalau ditarik lurus. trus keluargaku bilang kaya gitu, dalam artian buat pengalihan.
        ya kali kita diem aja dan pasrah, setauku walaupun ada semacam larangan kaya gitu pasti ada jalan lain biar larangan itu bisa dibilang jd penyelamat

  4. bang Vidi@ sama boss nasib kita… -__- gimana jalan keluarnya… hub’ dah 2 thn berlangsung, layakny sbg hamba allah,
    masak harus putus di tengah jalan,,,, 😥
    repotnya jadi orang jawa….

  5. Kalo di desa/tempat aku kok malahan ngalor ngetan yo, nggak ngalor ngulon. kalo ngalor ngetan trus gimana tuh.. apa jga sama, sama kayak ngalor ngulon itu juga

  6. nyesek banget rasanya ditinggal gitu aja hanya karena adat kejawen kayak gitu,padahal uda hampir 8th penantian

  7. nyesek banget rasanya ditinggal gitu aja gara2 adat kejawen kaya gitu,padahal uda hampir 8th penantian

  8. saya roziq, saya cowok, arah rumah pasangan saya ngidul Ngetan…. bagaimana Gan….??? kalo dari rumah pasangan saya ke rumahku ngalor ngulon… gimana gan mengatasinya… kan kalo dri rumahku ngidul ngetan…!!!

    • Gini ka, aku jg arah runahku ke cowokku itu ngalor ngulon tpi klo pcrku ke rumahku itu ngidul ngetan. Nah hub’ kami udh 2 thn kalo mau putus tengah jln ga tau gimana komprominya sma hati.
      Kata orng tuaku gak masalah kalo itu permintaan anak pasti dicarikan cara dan caranya itu. Cowoknya harus dibuang entah kerumah siapa dan nnti diminta sma kluarga perempuan dan kelurga cowoknya gak boleh ikut* an masalah pernikahan itu dan gaboleh dikasih sebutirpun makanan dri keluarga perempuan (saat berlangsung pernikahan) semua urusan keluarga perempuan dan setelah berlangsung pernikahan semua akan seperti biasanya.

  9. kadang q juga kesel kalok denger masalah ngalor ngulon ”’Gek sopo seng gae biyen, kulo q pingin ketemu pencetuse kok iso ne meyakinkan wong sak jowo gek mikire lo piye p dek e seng gae urep.

  10. Tolong buat teman2 saya minta solusinya..
    Saya kan punya pacar, tpi kakak pacar saya sudah nikah dapat satu kampung sama saya, menurut adat kejawen kn nggak boleh, trus gimana caranya agar saya tetep bisa nikah sama pacar saya, buat teman2 semua mohon pencerahanya

  11. aq jga prnah ngalami itu mlah 3kali pacaran gagl smua ya gra2 ngalor ngulon,,,tpi aq nurut ae kata orang tua,,,ya ALHAMDULILLAH skarang dpet jdoh juga akhirnya yg baek en kluarga meridhoi

  12. Gan saya pacaran am tetangga,rumah kami berdekatan cuma terhalang jalan,saya jujur aja G make adat yang gtuan, tapi org tua perempuan masih pake adat,katanya rumah kami adu padon,apakah ada solusinya gan?

  13. hari sama aku juga kaya gitu katanya kalo nikah ngalor ngulon salah satu keluarga baik dari calon suami atau istri ada yang meninggal entah ayah atau ibunnya dari masing2 pasangan.
    solusinya biar lurus terus bisa bikin orang tua yakin apa sob.. susah jadi orang jawa..

  14. Sebenernya, takdir, jodoh, dan rejeki itu Allah yang atur, soal adat aku juga di larang, tpi aku akan buktikan klo itu hanya adat, sama dengan enggak percaya dengan Allah, percaya dengan adat jadi na.. bagiku itu semua takdir Allah, soal mati, sakit ato mati.. walopun tidak ngalor ngulon.. waktunya mati ya mati..

  15. Itupun jika seseorang yakin dengan adanya kekuasaan allah,,,..
    Dan orang jawa cendrung yakin dengan adat kejawen tersebut hingga mematahkan kodrat ilahi,,,.. itu saja…

  16. Wes podo lak ngono ..
    lek aku guduk masalah iku .
    masalah.e jilu anak nomer siji karo nomer telu .
    Wes 3th sia sia
    jare gak onok dalan.e yawess buyar dadine

  17. Kita sebagai ora islam apakah harus mengikuti ajaran kejawen . Agama mungkin tidak melanggar menikah ngalor ngulon . Kalau kita yakin menikah ngalor ngulon mungkin tidak akan terjadi apa” karena semua itu di luar larangan allah

  18. mau tanya kalau JILU gimana ? (Siji Jejer Telu) atau bisa di bilang anak pertama sama anak pertama dan orang tua atau calon mertua ada yang anak pertama, terus kalau di langgar taruhanya nyawa ?

  19. saya pacaran sudah mau memasuki 7 thn. mau ke jenjang pernikahan, ternyata arah kami ngalor ngulon. sya pusing saya strees mikir masalah ini terus. . sya gk mau hubungan ino kandas di tengah jalan cuman gara gara arah ngalor ngulon.. orang tua saya sangat mempercyai adat jawa. saya gk mau membantah orang tua .. karna smua itu restu orang tua yg nomer 1.. bagai mana solusinya.. saya mau hub ini tetap lanjut. 😢😢😢😢😢

  20. alasan alasan ngalor ngulon, itungan weton, dan sebagainya itu dapat dipakai untuk menolak secara halus, agar tidak menyinggung harkat dan martabat calon besan yg tdk jadi. Jika kita tdk cocok dengan calon besan tapi menggunakan alasan kurang soleh lah, kurang kaya lah, atau kurang pinter lah, maka hal ini akan menyinggung harga diri calon besan.
    kalu penolakan itu menggunakan arah ngalor ngulon atau itungan weton sbg “kambing hitam” maka dirasakan lebih manusiawi dan menghargai pihak lain.
    jadi kesimpulannya kalu memang sudah cocok, tidak perlu memakai itung itungan dan arah.
    itung-itungan dan arah itu dipakai apabila tidak cocok saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s