Kenapa kuburan keramat ramai dikunjungi saat akan pemilu ? Apa yang dilakukan para pengalap berkah di kuburan ?


Hari pertama masa penyembuhan setelah hampir satu setengah bulan kemarin sedikit sekali aktivitas. Baik bekerja, blogging dan aktivitas lainnya termasuk berkomunikasi seperti chatting, sms, wa, email, bbm dan sejenisnya. Dan tentunya baca-baca berita perkembangan sekitar juga aku offkan.

Hari ini, mulai sedikit-sedikit baca berita. Suguhan pertama adalah banyaknya informasi calon-calon yang sekarang berlomba mendapatkan simpati rakyat agar dipilih. Ini jadi membuatku agak muak sama yang namanya demokrasi, mengapa kesannya yang aku terima adalah partai-partai itu aktifnya cuma 2 waktu aja. Yaitu ketika mau pemilu, itu aktif banget. Kedua ketika ada berita korupsi, juga aktif banget. Tapi sekarang udah biasa, karena sudah berbelas-belas tahun seperti ini kondisinya.

Postingan ini aku dasarkan pada apa yang aku lihat dan aku tau langsung kemarin ketika ada pemilihan kepala desa di desaku ada salah seorang calon yang menjadi sibuk untuk sowan dan berpamitan serta mohon dka restu kepada kuburan-kuburan tua di desaku agar dia menang dalam pilkades.

Kemudian beberapa berita di daerah dari mulut ke mulut, ada juga peserta pemilu yang juga melakukan hal yang sama, serta informasi dari beberapa temen-temen blogger yang menulis informasi tentang femomena ngalap berkah ke kuburan-kuburan para mantan petinggi negara.

Dan penilaianku terhadap mereka yang mendatangi kuburan aku dasarkan dari sudut pandang pelakunya, bagaimana mereka berpikir mengenai apa yang mereka lakukan. Serta aku cocokan dengan syariat agama islam yang melarang kuburan itu sebagai tempat berdoa untuk menunaikan hajat. Mungkin postingan ini berbeda pendapat dengan beberapa orang, jadi ini pendapatku yang aku sandarkan pada agama yang saya anut.

Yang menarik perhatianku sekarang adalah soal kuburan-kuburan tokoh terkenal masa lalu yang kini menjadi ramai dikunjungi. Judulnya adalaha ngalapa berkah dari penghuni kubur, yaitu berdoa dikuburannya sehingga kecipratan berkahnya sehingga usahanya lancar. Tapi apakah benar demikian ? Mari kita gali informasinya lebih dalam lagi.

Datang ke kuburan adalah disyariatkan untuk mendoakan orang yang dikubur. Hanya itu ajaran yang dibenarkan dalam agama islam.

Sekarang orang datang ke kuburan ketika ada hajat atau keperluan ? Apakah di kuburan ada yang bisa membantu memenuhi keperluan atau hajatnya ? Iya karena disana bisa berdoa kepada orang yang telah meninggal agar hajatnya dikabulkan.

Bukan, katanya datang ke kuburan itu meminta kepada orang yang telah meninggal itu untuk mendoakannya hajatnya kepada Allah, karena orang yang telah meninggal tersebut itu orang sholih yang dekat dengan Allah sehingga doanya lebih mujarab.

Mengapa koq nggak berdoa sendiri kepada Allah, harus pakai perantara orang yang telah meninggal ? Karena diri ini masih banyak dosa, beda dengan orang yang telah meninggal yang sudah jelas dekat dengan Allah.

Dari mana kita tahu bahwa orang yang telah meninggal bisa mendoakan kita yang masih hidup? Karena orang yang meninggal tersebut orang sholih yang punya karomah sehingga sudah matipun masih bisa memberikan manfaatnya kepada orang yang masih hidup.

Hubungan manusia yang sudah mati itu hanya amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholih yang mendoakan, Koq bisa tau dia orang yang sudah mati itu bisa mendengar permintaan kita ketika dia sudah mati ? Yaaaa bagaimana sih, kan orang sholih itu terus hidup di sisi Allah dan nggak mati, cuma beda alam saja dengan kita.

Jadi sebenarnya tau nggak sih kalau orang yang sudah mati itu bisa bisa mendengar, bisa mendoakan orang yang masih hidup, bisa menularkan berkah ? Yaaa kata orang kan begitu, jadi ya ngikut apa yang orang banyak lakukan, kan namanya saja usaha, jadi siapa tau berhasil.

Kalau dia berada di sisi Allah, apakah malu untuk langsung meminta dan berdoa kepada Allah karena alasan diri ini masih kotor, banyak dosa sehingga doanya tidak mujarab ? Yaaa itu dia, karena masih banyak dosa jadi nggak beranai minta langsung kepada Allah.

Kalau sudah tahu orang yang banyak dosa itu tidak dikabulkan doanya oleh Allah, mengapa tidak berkinginan untuk menjadi orang yang sholih biar doanya dikabulkan oleh Allah? Wah kalau itu hal berat, terlalu banyak dosa yang harus ditebus.

Koq anda tidak malu kalau Anda banyak dosa tapi malah minta didoakan oleh orang yang sudah mati ? Apa anda yakin Allah akan mengabulkan hajat orang yang banyak dosa ? Yaa…. yaaa… itu dia…. gimana yaaaa…

KESIMPULAN !
Orang yang berdoa dikuburan itu sebenarnya hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut kalau kuburan ini dan kuburan itu lebih keramat dan lebih mujarab untuk berdoa.

Orang yang berdoa dikuburan itu orientasinya hanya masalah dunia. Hampir nggak ada yang berdoa dikuburan orang keramat itu yang nggak minta masalah kesuksesan dunia, harta dan jabatan.

Orang yang berdoa dikuburan itu malu untuk berdoa di masjid sebagai tempat yang dianjurkan untuk berdoa kepada Allah, akan tetapi percaya dan lebih yakin kalau kuburan itu membawa berkah.

Orang yang berdoa dikuburan itu memiliki keanehan dalam cara berfikir yaitu meminta kepada Allah tetapi tidak berani meminta langsung dan lebih percaya diri dengan meminta kepada orang yang sudah meninggal yang diapun tau orang yang sudah meninggal itu tidak bisa mendengar karena dia sudah tau kalau orang yang sudah meninggal itu sudah terputus segala urusan dengan dunia kecuali 3 hal.

Iklan

8 pemikiran pada “Kenapa kuburan keramat ramai dikunjungi saat akan pemilu ? Apa yang dilakukan para pengalap berkah di kuburan ?

  1. aneh tapi nyata karena saya juga pernah melihat sendiri.. padahal yang orang tua ajarkan dulu pada saya, ziarah itu untuk mendoakan almarhum/almarhumah terlepas apapun yang pernah diperbuatnya semasa hidup. bukan untuk meminta ini atau itu.. Selain itu ziarah juga akan selalu mengingatkan kita selalu bahwa kelak kita juga akan berpulang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s