Semakin tinggi dan tua pohon kelapa, buahnya semakin bagus dan besar-besar


Mulai sekarang mungkin bloggku akan dipenuhi lagi dengan foto-foto yang aku ambil di sekitar rumahku. Foto-foto yang tertunda untuk aku upload karena harus bed rest hampir 1,5 bulan kemarin.

Ini tentang pohon kelapa di depan rumah yang dari aku kecil umur belasan sampai sekarang masih ada. Masih terus berbuah dan masih terus memberikan manfaat terbaiknya. Nih dia penampakannya

image

Pohon kelapa ini mungkin sudah berusia 20 tahunan. Sekarang sudah tinggi sekali sekitar 20 meteran, tetapi nggak bisa diukur pertumbuhannya setahun 1 meter, karena semakin tua, pertambahaj tingginya semakin melambat.

Mulai dari kayu bakar yang selalu diturunkan berupa klari (daun kelapa kering), blukang (pelepah daun), mancung (bungkus bunga) sampai manggar (tangkai buah) yang kering.

Kemudian buah kelapanya yang dari mulai muda untuk aku makan sebagai es kelapa muda, kelapa tua untuk dijual atau dimasak sama emak, dan kukit kelapanya (tepes) yang bisa dijadikan keset, tali (salang), sampai untuk membuat sapu, sikat dan kerajinan lainnya.

Kemudian air nira kelapa yang tiap pagi dan sore diambil untuk dimasak dan dijadikan gula merah. 

Oh iya, daunnya juga sering dipetik yang masih muda untuk membuat ketupat. Nggak cuma ketika lebaran aja keluargaku membuat ketupat, semaunya ketika pengin. Baik kupat landan ataupu  kupat putih.

Pokoknya pohon kelapa ini sangat banyak manfaatnya yang sudah keluargaku ambil sebagai rejeki dari Allah.

Dan mungkin terakhir nanti akan ditebang untuk keperluan biasanya seperti bikin rumah. Glugu adalah kayu olahan dari pohon kelapa. Bisa dijadikan tiang rumah, kusen-kusen, usuk, molo, danyang, kongsol dan sebagainya. Bahkannkadang dijadikan kerajinan seperti muthu atau ulekan.

Iklan

11 pemikiran pada “Semakin tinggi dan tua pohon kelapa, buahnya semakin bagus dan besar-besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s