Menanam jagung jali – Bermanfaat untuk obat dan mencegah kangker


Beberapa waktu yang lalu ada seorang yang tanya ke aku mengenai jagung jali yang ada di pekarangan belakang rumah. Informasinya untuk dijadikan obat kangker. Aku malah baru tau soalnya selama jagung jali ini  tumbuh liar dan dibiarkan begitu saja tumbuhbtidak terurus di halaman belakang di antara kolam ikan.

image

Ternyata ada manfaatnya ya jagung ini, walau aku lebih setuju ini di dikatakan padi, karena lebih dekat bentuk pohon dan buahnya dengan padi dari pada jagung. Mungkin namanya padi jali. 🙂

image

Pohon jali ini tumbuh dan terus bertambah banyak. Padahal tidak pernah diurus atau diperlakukan khusus. Batang baru selalu tumbuh dari pangkal rumpun berupa tunas yang akan menggantikan batang yang sudah tua. Nantinya batang yang sudah tua akan mengering beserta buah-buahnya yang juga sudah tua.

image

Selain itu tanaman baru juga tumbuh dari biji yang jatuh disekitar situ. Jadi tanaman jali ini mudah banget berkembang biak. Dari tunas dan dari biji. Beda sama jagung atau padi yang jumlah batangnya itu terbatas dan sekali hidup saja.

Biji yang dapat di jadikan obat itu yang sudah tua. Yaitu yang kulitnya sudah putih atau hitam. Untuk jali sebagai obat ini aku belum begitu jelas proses dan manfaatnya, tetapi yang jelas nggak sia-sia pohon jali ini tumbuh liar di halaman belakang rumah.

image

Jadi kalau ada yang membutuhkan biji jali ini, hubungi aku saja ntar aku kirimkan. Seperti kemarin ada temen dari lampung yang juga membutuhkan biji jali ini untuk obat. Tinggal aku petikin dan aku paketkan.

Iklan

36 pemikiran pada “Menanam jagung jali – Bermanfaat untuk obat dan mencegah kangker

  1. Baru tahu mas kalo ini namanya jagung bali. Dulu pernah banyak tumbuh disekitar rumah di surabaya. Banyak dijadikan mainan perhiasan. Barut ahu juga bermanfaat buat kangker..

    • Iya, aku juga baru tahu ada manfaat lain buat obat. Selama ini sih stauku dulu, pada jaman masih susah beras, jagung jali ini bisa dimasak jadi nasi juga

      • Mas ahsan… saya tertarik dengan tanaman jali/jagung jali/hanjeli menurut saya tanaman ini sudah langka/punah di daerah saya… seandainya masih ada stock bolehkah saya minta 1 kg saja.. ganti ongkir saya ikut saja … tapi harus kemana ya mas..??

  2. Tanaman ini alhamdulillah di pekarangan saya saat ini tumbuh juga…
    Di cikarang biasa di sebut jeng jeli, dan buahnya biasa di gunakan sebagai biji tasbih 😀

    • Wah bisa minta ntar mas ya kalau stok saya lagi habis … itu jenis yang apa mas ?
      jali ketan apa jali batu, dilihat dari ukuran bijinya. Kalau besar-besar berarti jali ketan, tapi kalau kecil-kecil itu jali batu mas yang bisa untuk obat

      • pak ahsan di daerah mana , apa ada jali ketan , saya mau minta / beli , boleh minta no telp , tolong dibalas ya pak ,,ini no telp saya 081280748418.,, saya sangat butuh jali ketan , tolong pak , trim’s

  3. Assalamualaikum mas Ahsan…
    Saya berminat untuk beli biji jalinya untuk pengobatan….kira” masih ada…

  4. Dear mas Ahsan, saya mau biji jalinya, buat koleksi tanaman, soalnya d wilayah saya sudah tidak dijumpai lagi

  5. Saya sangat tertarik untuk menanam biji jali, tetapi sulit mendapatkan bibitnya. Alhamdulilah akhirnya nemu di web site nya Bapak Ahsan. Apa stok bijinya masih ada Pak ? Kalau masih ada mohon kirim ke alamat kerja saya saja krn berada ditengah kota surabaya : smpk stella maris, Jl. Tembaan 18-22, Surabaya. ini nomor hp saya 085730135141.
    terimakasih sebelumnya.

  6. Mas, biji jalinya masih ? Ssya mau mas.. Ongkir ke sleman brp? Biayanya tlg d sms/wa ke 082138121892. Nuwun mas

  7. Mas saya mau pesen biji jali nya buat pengobatan kira2 masih ada g ya mas,ini almt sya sokaraja lor Jl puteran rt2/4 no 10 kec banyumas jawa tengah kode pos 53181
    ini no hp sy mas buat ganti ongkos kirim terima kasih sya tggu konfirmasinya karna sya nyari2 kmna-mna g dpt2.

  8. Akhirnya ketemu juga tanaman Jali-jali ini. Saya sempet lupa namanya…dicari-cari di internet juga gak ketemu karena gak tau namanya lagi. Untung aja ada blog mas Ahsan.Dulu saya suka mencari tanaman ini untuk dibuat kalung atau tasbih, bijinya yang sudah tua keras dan warna warni, tapi sekarang di daerah sekitar saya sudah tidak ada lagi…saya sudah menyusuri kali2 kecil yang sering ditumbuhi jali jali ini, sekarang sudah musnah. Saya mau memberitahu anak-anak sekarang, kalau dulu tanaman ini berguna juga untuk buat prakarya sekolah. Kalau boleh saya mau biji nya sekitar 20 biji, yang warna warni/belang-belang jangan polos, mas? Saya bayar pakai pulsa handphone atau transfer? mohon dibalas di email saya (h.jaya2008@gmail.com)

  9. assalamualaikum mas ahksan,saya mau tanya tentang biji jali,kebetulan saya lagi butuh untuk membuat kerajinan,kl di jual berapa harga per kilonya,makasih sebelumnya wasalam..

  10. buk,bpk,tempat saya bnyk sekali buah jali,…klo blh tau kegunaan buah jali buat nyembuhin sakit pa sih…tlng info@

  11. Mas saya butuh biji jali untuk membuat manik manik tasbih untuk mahar berjumlah 99 butir bisa bantu saya mas, kontak saya 085757797429 tolong ya maa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s