Suplir – Tanaman penuh kenangan biologis


Ada yang pernah lihat atau ngerti sebuah tanaman yang bernama “suplir” ?

Itu adalah sebuah nama tanaman yang sering disebutkan pada buku-buku pelajaran biologi untuk sd sampai sma. Yaitu pada saat pembahasan cara perkembangbiakan dengan menggunakan spora. Nih wujud tanamanya:

image

Bukan itu bentuknya, tapi itu adalah daun-daun suplir yang dijadikan bunga seperti mawar. Bentuk tanamannya seperti ini:

image

Satu-satunya yang aku ingat dari tanaman ini adalah aku pernah mendapatkan nilai 9 karena ada pertanyaan tentang tanaman ini dan aku bisa menjawabnya. Dan pada sore harinya aku lihat tanaman ini begitu banyak di halaman sekitar rumahku.

Banyak sekali tumbuh di pagar batu atau di sela-sela teras atau tempat lain yang miring dan keras. Herannya tanaman ini tidak mau tumbuh di tanah atau juga batu yang permukaanya datar.

Mulai saat itulah tanaman ini sering aku mainin, sampai aku menemukan cara membuatnya menjadi seperti bunga mawar seperti gambar pertama.

image

Caranya aku tarik daunnya dari pangkalnya ke arah ujung sambil aku jepit pakai jari. Daun-daunnya akan kebawa dan membentuk susukan seperti kelopak-kelopak bunga.

Iklan

9 pemikiran pada “Suplir – Tanaman penuh kenangan biologis

    • Agak beda mas sama yang bisa tumbuh di pot. Yang ini satu batang satu lurus nggak bercabang. Aku yakin yang di pot ibunya pasti jenis yang batangnya bercabang-cabang. Kalau yang ini ggak bisa tumbuh di tempat yang permukaanya datar ๐Ÿ˜€

  1. wah… boleh boleh, nanti saya cari kamera dulu hehe, tapi ada yg batangnya udah menguning hihi, banyak kucing suka dinaikin suplirnya, nanti deh moga bisa jadi postingan blog juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s