Belajar biologi – Menanam kacang hijau dalam pot bekas botol air


Tinggal di kota, akan sedikit mengalami kesulitan untuk mengenal tumbuh-tumbuhan dan hewan. Dan akibatnya banyak generasi sekarang yang asing melihat jenis-jenis flora dan fauna. Padahal bagiku sangat penting mengenal alam sekitar, terutama untuk mengenal jenis-jenis yang bisa diambil manfaatnya dan mana yang tidak.

Kali ini berawal dari keinginan si kecil untui menaman biji kacang hijau, aku membantu mereka untuk membuatkan pot yang bersih, kecil dan mudah di bawa-bawa. Jadinya seperti ini :

image

Botol air minum ukuran besar aku potong, diberi kapas dan disiram air hangat. Cemplungin biji kacang hijaunya dalam air yang masih hangat kuku. Agar merangsang supaya cepat tumbuh.

image

Dalam waktu sekitar dua sampai 4 hari sudah tumbuh seperti gambar di atas. Untuk kacang hijau ini termasuk mudah sekali untuk tumbuh dan berkembang.

image

Kalau foto yaitu ini umur sekitar 1 minggu. Sudah kelihatan dengan detail dari akar, batang, tunas sampai daun. Sebelah kiri adalah punya si kakak, yang s

ebelah kanan punya di adik.

Aku nggak tau kenapa yang punya si kakak l

ebih subur dan tinggi

padahal cara namannya sama persis.

image

Dari masing-masing tahap awal menaman, masih biji, sudah tumbuh akar kecil, sudah jadi kecambah, jadi kecambah berwarna hijau, tumbuh akar serabutnya, tumbuh kuncup daunnya, sampai tumbuh tinggi sekitar 20cm, bisa jadi cerita yang menarik buat si kecil ketika kita menjelaskan pada si kecil.

Dengan model seperti ini, paling tidak sudah bisa mengenalkan pada mereka m

engenai proses

biologis tumbuh-tumbuhan. Bisa di modifikasi bijinya seperti ntar biji kedelai, biji kacang, biji jeruk, dan biji buah-buahan lain yang sering kita beli di pasar ataupun di supermarket.

Posted from WordPress for Android (Galaxy Camera EK-GC100)

Iklan

6 pemikiran pada “Belajar biologi – Menanam kacang hijau dalam pot bekas botol air

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s