Jual ubi bakar cilembu, aneka dodol, kerupuk dan oleh-oleh khas jawa barat – Suasana setra oleh-oleh Nagreg


Kali ini tentang sebuah perjalanan asal jalan yang aku lakukan kemarin. Hari minggu, habis kondangan selesai jam 1 siang. Langsung pulang lewat tol biar nggak macet, kebetulan bayar tolnya cuma 2ribu perak. Lhaa koq pas mau keluar tol, tiba-tiba aku beserta mama dan pasukan kecil sepakat untuk jalan terus, pokoknya jalan.

Akhirnya bablas tuh tol cikampek, terus bablas ke tol cipularang. Karena nggak punya tujuan jelas akhirnya mutusin untuk mutar balik di lingkar nagreg sambil menikmati perjalanan. Dan selama perjalanan dari tol cikampek kilometer 0 sampai cikampek, sampai cipularang, sampai cileunyi jalan pelan sekali. Menikmati pemandangan kanan kiri jalan yang hijau dan cuaca yang lagi cerah.

Dan tulisan ini bercerita ketika aku sampai di nagreg. Sebuah tempat yang terkenal dengan kondisi jalannya yang sangat menanjak dan menjadi tempat cukup diwaspadai para traveller yang melintasi jalur selatan.

Disamping itu, pas sebelum memasuki jalanan yang sangat menurut atau sangat menanjak, ada sebuah sentra oleh-oleh yang terkenal dengan ubi cilembu dan peyemnya. Paling terkenal di sini adalah ubi cilembu bakar madu. Nih dia penampakannya:

image

Ubi bakar madu, bukan dikasih madu tetapi ubinya itu dimasak dengan cara di oven sampai rasanya itu seperti madu. Sangat manis seperti madu dan nggak gosong sama sekali. Dan itulah mengapa ubi di sini terkenal, karena ubi dari daerah jika dimasak dengan cara yang sama, hasilnya beda.

image

Di sini, banyak sekali kios yang menjual ubi cilembu, terutama disisi kiri jalan yang arah ke jawa. Foto di atas aku ambil sudah sepertiga aku melewati deretan kios-kios itu. Di sini harganya seragam, pas aku beli kemarin ubi bakarnya satu kilo Rp 12.000 dan juga harga-harga oleh-oleh yang lain juga sama.

image

Di sini oleh-oleh lain yang tersedia misalnya dodol dengan berbagai rasa dan bentuk, tetapi tidak ada atau sedikit sekali yang menjual dodol pabrikan. Rata-rata dodol atau wajik atau jenang home industri.

image

Aku dan mama paling seneng kalau ke sini mampir beli ubi cilembu bakar. Sekilo saja buat cemilan sepanjang perjalanan sampai banyumas sana. Satu kilo paling isinya ubi 10 biji. Soalnya nggak tau kenapa, walaupun makan sedikit, udah kerasa kenyangnya. Mungkin karena manisny itu yang sangat manis hampir seperti madu jadi bikin cepet kenyang.

Ubi cilembu, mau ?

Posted from WordPress for Android (Galaxy Camera EK-GC100)

Iklan

12 pemikiran pada “Jual ubi bakar cilembu, aneka dodol, kerupuk dan oleh-oleh khas jawa barat – Suasana setra oleh-oleh Nagreg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s