Cara memetik petai agar kondisinya tetap utuh dan tidak rusak !


Petai adalah salah satu favoritku untuk urusan lalapan. Rasanya itu menurutku enak dan menggugah selera makan. Makan apapun kalau lalapannya petai itu jadinya enak dan biasanya aku nambah beberapa piring lagi… iya beberapa piring !

Nhaa sebagai penggemar petai, aku juga harus tahu mengenai semua sisi tentang tanaman petai. Yaa seperti para maniak durian, mereka merasa perlu dan seneng untuk mengetahui semuai sisi tentang durian. Mulai dari nama, jenis, karakteristik tanaman, pohon, hama, penyakit, cara membiakan, merawat buah sampai penjualan dan lainnya.

Salah satu tentang petai yaitu ketika memetiknya. Memetik petai itu butuh sedikit trik agar petainya itu nggak patah atau hancur ketika sampai di tanah. Lain dengan kelapa / jengkol atau juga durian yang ketika dijatuhkan itu nggak rusak, paling kotor oleh tanah saja. Kurang lebih seperti ini skemanya :

memetik-petai

Dari gambar di atas, kalau petai itu ketika dipetik nggak bisa langsung dijatuhkan, soalnya akan patah atau rusak. Caranya adalah kita siapkan tali tambang yang panjang sebagai peluncurnya. Jadi talinya itu diikatkan dari tempat kita nongkrong atau tempat kita berdiri di pohon petainya ketika memetik. Kemudian ujung yang satunya kita ikatkan di tempat lain yang lebih rendah.

Kemudian petai yang sudah dipetik diluncurkan dari atas ke bawah melewati tali itu dengan cara dikaitkan ke talinya sehingga otomatis akan meluncur ke bawah melalui tali. Dengan cara seperti ini maka petai ketika sampai di bawah akan tetap utuh dan tidak mengalami kerusakan.

Untuk videonya sudah aku upload di youtube, silahkan

Mudah sekali kan ?

Iklan

21 pemikiran pada “Cara memetik petai agar kondisinya tetap utuh dan tidak rusak !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s