Cara agar bisa fokus dalam bekerja !


Bekerja malah membuat kit pusing sendiri dan menjadi masalah dikemudian hari. Itu adalah tanda kalau kita kerja dalam kondisi tidak fokus. Banyak yang kita pikirkan saat sedang menghadapi sebuah pekerjaan. Berikut ini pengalamanku soal kerja tidak fokus, aku menemukan sebuah cara yang cukup efektif untuk mengatasinya.

image

Coba perhatikan gambar di atas, jika warna dan motif itu diibaratkan pekerjaan-pekerjaan yang ada dihadapan kita maka akan terlihat banyak sekali, saling terkait dan bahkan ada yang sama. Jika kita bisa fokus, kita bisa melihatnya di sebuah bagian dengan jelas dan baik sehingga akan lebih enak untuk dilihat. Tetapi jika tidak bisa fokus, mungkin seperti ini hasilnya, semua buram:

image

Banyak yang bisa kita hasilkan tetapi tidak memberikan sesuatu yang indah untuk kita nikmati. Dan itu sudah hukum alam, sesuatu yang dikerjakan tidak dengan fokus, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Caranya bagaimana ?

Sifat dasar yang membuat seseorang tidak bisa fokus adalah dia tidak bisa menolak permintaan orang lain. Dia tidak tega untuk orangblain susah, dia merasa senang membantu orang lain, ia ingin pekerjaan yangbada bisa diselesaian dengan baik olehnya, dia memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dia merasa orang lain tidak akan bisa sebaik dirinya jika menyelesaikan pekerjaan yang dia tau.

Masalahnya di situ, antara sifat baik hati dan percaya diri yang tinggi. Jadi untuk mengatasinya bisa kita bagi dalam dua besaran pekerjaan.

Jika itu pekerjaa yang sudah nyata:

Mulailah dari pekerjaan yang memiliki prioritas paling tinggi untuk dikerjakan. Jika kita tidak tau mana yang prioritas, kita susun dulu dalam daftar urutan penyelesaian pekerjaan.

Lupakan dulu tentang pekerjaan yang lain walau itu rasanya bisa dikerjaan bersamaan, walau pekerjaan itu juga penting. Pokoknya kerjakan satu persatu sampai selesai dan tuntas, baru pekerjaan yang lainnya dimulai.

Walau merasa sanggup menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus, tapi itulah masalahnya, yakinlah bahwa menyelesaikan beberapa pekerjaan itu tidak baik. Pokoknya kerjakan satu persatu apapun yang mengganjal di pikiran.

Jika itu ide yang akan dikerjakan:

Sama seperti pekerjaan, ide adalah kreasi yang membutuhkan pemikiran, percobaan dan perbaikan ketika di kerjakan. Bila kita mengerjakan ide beberapa sekaligus, yakinlah bahwa perasaan kalau semua ide itubpenting untuk segera di kerjakan adalah salah besar. Dan hasilnya pasti tidak ada ide yang jadi dan sukses, ada mungkin ide yang bisa jadi, tetapi coba lihat, pasti hasilnya tidak ada yang maksimal. Bahkan lupa apa saja ide kita.

Jadi kerjakan ide itu satu persatu juga. Caranya biar nggak lupa ya dicatat agar bisa dikerjakan lain waktu. Secara proses di otak, ide satu akan menutupi ide lain sehingga malah nggak fokus.

Trus kemudian jangan mengerjakan ide ketika kita sedang nggak mood. Kita mungkin sudah mencatat banyak ide, nhaa pas mau mengerjakan malah bingung yang mana dulu untuk dikerjakan. Akhirnya yaa malah mumet sendiri melihat ide-ide yang bagus-bagus itu. Dan ekstreemnya malah nggak ada satupun ide yang bisa release.

Contoh kasus :

Nulis artikel blog, kadang saking banyaknya ide malah nggak ada gulisan atau artikel yang jadi satupun. Coba tanya blogger yang habis hiatus, pasti masa hiatusnya lebih lama karena sudah saking banyaknya yang ingin ditulis tapi ketika mau nulis malah nggak jadi-jadi. Sudah jadi tulisan malah dirasa sepertinya salah.

Dan akhirnya nggak ada tulisan yang diupload. Dan akhirnya cuma nulis selamat datang kembali untuk dirinya dan mengumumkan kalau dirinya habis masa krisis ide.

This Article Belong To Ahsanfile Project – Posted From WordPress

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s