Foto Gambar Buah Gelombang Cinta – Cara menyemaikan bibit Anthurium dari bijinya !


Ini tulisan pertama mengenai kunjunganku ke Taman Anggrek Ragunan sekitar beberapa minggu yang lalu. Kunjunganku waktu ini untuk refreshing dengan niat hati melihat-lihat bagus-bagus, warna-warni dan menyegarkan.

Sebagai hasilnya, untuk yang pertama aku akan tulis mulai dari pintu yang aku kunjungi duluan. Di sana masih ada penjualan tanaman hias gelombang cinta, yang sekarang sudah zero, padahal dulu adalah hero. Masih banyak dalam pot tanaman ini yang dulu mungkin harganya akan ratusan juta rupiah.

Tapi yang namanya tanaman hias tidak akan pernah habis orang yang menyukainya sampai kapanpun. Hanya tren dan pasar saja yang membuat sebuah tanaman hias jadi terkenal dan mahal. Soal selera orang tidak akan pernah hilang.

image

(ssssttt jangan berimajinasi lain terhadap foto di atas, itu adalah bunga gelombang cinta atau anthurium yang masih muda)

Ini adalah foto buah gelombang cinta yang sudah matang. Lain banget sama yang masih muda yaitu coklat krem dan permukaanya cenderung merata, kalau yang sudah mteng kaya hini, banyak tumbuh biji-bijinya berwarna merah.

image

image

Kelihatannya sangat enak dan manis, tetapi aku nggak berani mencicipinya, selain bukan milik saya juga takutnya beracun walau kebayang rasa dan aromanya itu manis banget. Lihat saja kayak buah cerry merahnya…

Nah dari biji inilah tanaman anthurium dikembang biakkan. Bijinya ditampung di pot khusus untuk bisa tumbuh tunasnya.

image

Dibiarkan saja sampai kulit bijinya membusuk dan tersisa bijinya saja yang berwarna coklat seperti bambar di bawah ini:

image

Dari biji yang sudah lama jatuh atau meyentuh tanah itu ntar akan keluar tunas dan akan jadi tanaman baru yang bisa ditanam di pot lain atau dikemas dalam wadah untuk dipasarkan.

image

Dulu pada saat terkenal-terkenalnya tanaman hias ini, satu kecambah anthurium sekitar 150 ribu harganya. Mungkin sudah hampir zero harga bibitnya. Bisa dibayangkan tuh duit yang bisa diperoleh dari bibit anthurium dalam pot-pot di atas.

Jika satu pot ada sekitar 50 biji dan harga per biji 150.000, berarti bisa menghasilkan uang 7.500.000. Tinggal dikalikan jumlah pot saja misal dalam kesempatan kemarin ada 5 pot biji, berarti sudah dapet 37.500.000, jika persentase yangbrisak itu 20%, maka bisa dapet 30.000.000. Tapi itu dulu lho yaaa..

Iklan

7 pemikiran pada “Foto Gambar Buah Gelombang Cinta – Cara menyemaikan bibit Anthurium dari bijinya !

    • Iya soalnya cintanya dihargai sekian rupiah sih jadi kayak beli cinta di jalanan yang sangat menggoda, jadi sekarang setelah manisnya di ambil, ditinggalkan begitu saja…

      he he he, kata orang pepatahnya gitu, jadi karena salah nama (gelombang cinta) jadi nggak bertahan lama harganya seperti adenium, sampe sekarang tanaman hias adenium tetep bagus harganya tant

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s