Night Light Trace – Belajar memfoto jejak lampu kendaraan pada malam hari !


Tadi malam pas pulang kerja lewat salah satu jembatan di Banjir Kanal Timut (BKT). Lokasinya cukup bagus untuk istirahat. Dan ternyata cukup bagus juga viewnya sepanjang sisi kanan dan kiri sungainya oleh lampu jalan yang berderet rapi.

Ya wis, sambil ngaso aku keluarkan saja kamera phone saya dan mencoba mengambil gambarnya. Hasil pertama memfoto kaya gini:

image

Buset dah susah banget memfokuskan di malam hari, kemudian aku coba tenang agar tangan gak gerak saat cekrek gambar, dan hasilnya kaya gini:

image

Koq masih kabur juga rumput-rumputnya dan apa yang aku lihat masih lebih terang dari yang aku hasilkan di foto harusnya hasil foto itu sama dengan penglihatan mata.

Kemudian aku coba-coba lagi dengan cara lama (hold) ketika mencet tombol capturenya di layar, dan kaya gini hasilnya.

image

Cukup bagus menurutku. Ini pertama kali aku merasa sukses memfoto karena hasilnya nggak ngeblur. Ternyata memfoto pada saat malam hari itu susah sekali untuk memfokuskan kameranya. Entah kalau yang pakai kamera dengan lensa yang bisa disetel manual pakai tangan, kalau yang kamera phone seperti saya masih susah. Foto di atas adalah sisi kanan, kalau yang di bawah ini adalah sisi kirinya:

image

Proses ngambil gambarnya sekitar 5 detik aku hold. Jadi biar makin banyak cahaya yang bisa dikumpulkan oleh kameranya. Aku fokuskan pada alam sungainya sehingga untuk benda bergerak hanya keambil jejak cahayanya saja.

Aku nggak tau istilahnya apa dalam dunia fotografi, aku yakin ini ada nama tekniknya seperti makro itu mengambil foto dari jarak dekat sekali, nah kalau mengambil foto dengan fokus pada objek yang jauh dan kalau ada objek lain yang bergerak itu diignore itu namanya apa ya ?

Ada yang tau?

(Soale aku malu tanya sama para mastah fotografi, kemarin saja aku ketemu salah satu dari mereka, pas lihat kameranya saya langsung minder dan menjauh perlahan, istilah yang dipakai aku dah gak nangkep, terlalu mainstream buatku yang gak ngerti fotografi)…

He he he, mohon dimaklumi, saya masih cuma ambil foto buat nglengkapin tulisan blog…

This Article Belong To Ahsanfile Project !

Iklan

10 pemikiran pada “Night Light Trace – Belajar memfoto jejak lampu kendaraan pada malam hari !

  1. Bagus Mas. Ngomong-ngomong biar gak ngeblur, pakai tripod atau kalaupun gak ada tripod ya tangannya di ganjal sesuatu yang stabil. Biasanya kalau pas pengen motret dari atas jembatan, aku ganjel tanganku di pinggiran jembatan.

  2. Bagus, mas. Bintangnya dapat.
    Menurut contekan, untuk menghilangkan obyek bergerak dan cuma meninggalkan jejak cahaya itu perlu exposur panjang. Kalau perlu mode bulb. ISO cukup pakai 100-200 sedangkan aperture menyesuaikan DOF. Itu menurut contekan loh, kalau saya sendiri belum pernah nyobain, males keluar malem soalnya, xixixi…

    • Aduh mas, gak ngerti istilah-istilahnya, exposur, dof… .

      wah berarti saya belum layak nggabung sama mastah fotografi ya, soale ntar aku pasti mlongo kalo ditanya-tanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s