Watermark untuk mempertahankan hak cipta – Tips untuk artikel tidak di copy paste oleh plagiator !


Dulu aku sebel sekali kalau melihat foto ada watermarknya. Jadi nggak lega perasaan soalnya ada bagian yang ketutup dan merusak suasana ketika sedang melihat foto yang bagus. Ehh.. ada watermark yang nyepetin mata.

Tapi sekarang dan mulai beberapa waktu yang lalu aku mulai memaklumi dan bahkan aku juga memasang watermark di foto-fotoku. Ada alasan kurang menyenangkan sehingga aku harus memberi watermark.

Dulu aku sharing foto di artikel itu bebas-bebas saja. Tanpa watermark tanpa aku menunjukan kalau itu fotoku. Siapa saja boleh memakai ulang, silahkan asal itu bermanfaat positif dan tidak merugikan siapapun.

Tetapi lama-kelamaan aku tau kalau banyak foto bahkan artikel yang oleh para copaster untuk memplagiat tulisanku dan mereka untuk mendapatkan keuntungan di sana. Kurang bijak rasanya yang mereka lakukan.

Copy paste dengan edit dan dijadikan referensi itu memang seharusnya, tetapi kalau copy paste trus dikomersilkan itu rasanya nggak mencerminkan itu adalah usaha mencari uang yang halal.

Dan dengan watermark ini, sepertinya cukup efektif untuk menunda niat plagiator menyalin dan menggunakan apa yang kita miliki.

This Article Belong To Ahsanfile Project !

Iklan

5 pemikiran pada “Watermark untuk mempertahankan hak cipta – Tips untuk artikel tidak di copy paste oleh plagiator !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s