Bisnis budidaya rempah pala, satu biji harga sampai 1.000 rupiah !


Ini edisi sharing informasi peluang usaha bisnis di bidang pertanian. Jika kemarin-kemarin yang lagi ngetren adalah budidaya kayu tahunan seperti sengon, kalbe, jati, jabon dan sejenisnya. Menurutku ada yang lebih prospek karena sudah aku amati lebih dari 4 tahun ini harga jual nggak pernah turun, bahkan cenderung naik. Ini dia fotonya :

image

Itu adalah biji pala, sebuah rempah yang hampir sebagian besar jenis makanan menggunakannya sebagai bumbu. Harganya perbiji ditempatku Rp 1.000, sangat menjanjikan untuk dibudidayakan. Satu pohon yang sudah tinggi sekitar 5 sampai 7 meter sudah bisa menghasilkan 100 sampai 200 biji setiap panen.

image

Menarik kan ?

Usia produktif pohon pala sekitar 3 tahun sudah berbuah dengan tinggi 4 meter. Berbuah paling 10 sampai 15 biji per pohon. Dan akan semakin banyak jika usianya semakin tua. Di tempatku ada pohon yang usianya sudah 10 tahun bisa menghasilkan 300 biji sekali panen.

Tinggal dikalikan saja jumlah pohon yang ada di kebun dengan bijinya. Dan aku yakin nanti harga akan semakin mahal karena peningkatan jumlah kebutuhan dengan perkembangan ekonomi yang saling mendukung. Harga kemarin turun pada nilai terendah menjadi Rp 700  karena sedang musim panen. Strateginya adalah dijual pada musim pertengahan panen karena sifatnya bisa diawetkan.

Tentang buah pala ini sudah pernah aku tulis sebelumnya mengenai bibitnya, kali ini tentang harganya di pasaran. Buah pala ini dari mulai bunga, kelopak buah, kulit buah sampai buahnya punya harga sendiri-sendiri.

image

Untuk masa panennya itu utamanya adalah setahun dua kali untuk jumlah besarnya, tetapi yang aku juga heran pohon pala ini berbuah terus menerus, jadi dalam satu pohon pasti ada bunga dan ada buahnya yang sudah besar, tetapi nanti ada masanya berbuahnya serentak dan dalam jumlah banyak. Siklusnya ada yang terus menerus tetapi sedikit-sedikit dan ada yang banyak setahun dua kali.

image

Bunganya yang jatuh dikumpulkan kemudian keringkan dengan cara dijemur. Kalau banyak dikumpulkan dengan yang sudah kering sebelumnya sampai banyak.

image

Begitu juga dengan kulit luarnya, selain laku dijual untuk membuat manisan, juga dikeringkan untuk diolah menjadi bumbu rempah lain.

image

Untuk buahnya sendiripun dijemur dulu sebelum dijual. Buah dipisahkan antara kulit luar dengan isi bijinya, kemudian selaput buah yang berwarna merah juga dipisahkan, harganya juga lainnya yaitu setiap 1 kilo biji, selaput merahnya dapet 1 ons, harganya sekilo selaput pala Rp 140.000. Sementara untuk kulit buahnya sekilo kering harganya Rp 2.500.

Kemana buah pala dijual ? Kalau ditempatku bisa ke pasar atau kadang ada orang yang mencari ke rumah-rumah. Kalau dalam jumlah banyak seperti oleh ayah ibuku biasanya dijual ke pasar. Kalau jumlah sedikitnya dikumpulin dulu sampai banyak.

This Article Belong To Ahsanfile Project !

Iklan

6 pemikiran pada “Bisnis budidaya rempah pala, satu biji harga sampai 1.000 rupiah !

  1. Lebaran tahun kemaren saya mudik,
    bocah-bocah pada metik pala di kebon, mereka senang dan baru tau, pala kalau dijual bisa menghasilkan uang 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s