Keris Putih – Hand Made Wood’s Art !


Rupanya, jiwa seniku untuk mengolah sesuatu menjadi lebih bernilai masih ada. Ini adalah sisa-sisa hobyku sekitar 20 tahun yang lalu. Inspirasinya adalah benda-benda pusaka jawa seperti pedang, tombak, keris, trisula dan lainnya. Dulu salah satu kesukaanku adalah membuat replika senjata itu dari kayu.

Dan ini hasik buatanku kemarin … sudah banyak penurunan kerapihan dan presisinya…

image

Itu adalah sebuah keris  senjata terakhir dan lambang ksatria orang-orang jawa masa lalu. Jika senjata baris depan seperti pedang atau tombak sudah tidak bisa digunakan ketika bertarung, keris adalah cadangan terakhir.

Dan dulu aku membuat replika keris dari kayu ya untuk bermain dan berkelahi-berkelahian bareng temen-temen. Sayang sekali waktu itu nggak ada kamera atau apa untuk mengabadikannya. Seru banget dulu actionnya…

Kurang lebih kaya gini proses membuatnya, diawali dari kalau ada kayu keras yang oleh ayahku dibuat kayubakar. Langsung keluar ide-ideku untuk membuat mainan.

image

Dulu resikonya cuma satu yaitu kayu bakarnya ntar disabetin ke aku kalau aku bikin mainannya membuat sampah dan berantakan dengan potongan-potongan kayu hasil kreasiku.

image

Ku ambil satu yang arah serat kayunya lurus nggak berbelok-belok sehingga ntar kalau dibentuk nggak susah dan nggak ganpang patah.

image

Ini temanya adalah membuat replika keris, rencanaku adalah membuat keris luk 7, yaitu ntar ada 7 lekukan. Kayunya aku rapikan dari ujung satunya ke ujung yang lain menjadi mengecil.

image

image

Kemudian aku bentuk desain kasarnya, untuk pedoman membuat lekukan-lekukan dan gagang atau pegangannya ntar. Dari desain kasar ini aku kemudian perhalus lagi dengan pelan dan teliti agar nggak rusak desainnya.

Nhaa pokoknya ini kalau sudah jadi seperti ini:

image

Tinggal dihaluskan dengan pecahan kaca yang tajam untuk membuang sisa sayatan pisau yang aku gunakan.

image

Sudah jadi, tinggal aku bermain dengan keris ini, tapi masalahnya kalau dulu aku bisa bermain tusuk-tusukan, menangkis dan menghindar sambil bermain silat sama temen-temenku, sekarang udah nggak ada yang bisa aku ajak sebagai lawan, dan sudah nggak pantas lagi… hiks..

Akhirnya aku ajak anak-anak untuk mendengarkan cerita-ceritaku pas aku seumuran mereka tentang keris seperti itu. Tak lupa sebelumnya aku buatkan mereka replika pedang-pedangan agar mereka juga punya imajinasi yang nyambung ketika aku ajak mendengarkan ceritaku…

This Article Belong To Ahsanfile Project !

Iklan

3 pemikiran pada “Keris Putih – Hand Made Wood’s Art !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s