Pecel Combrang – Pecel dengan bunga kecombrang


Cerita Ke 2 Liburan Pertama 2014

Bunga kecombrang itu sekarang sudah jarang. Beda dengan dulu yang masa kecilku bunga ini melimpah dan selalu dijadikan campuran pecel (gado-gado jawa). Nih dia penampakannya:

image

Combrang atau kecombrang itu sejenis tanaman mirip laos atau lengkuas tetapi ukurannya jauh lebih besar. Yang diambil adalah bunganya, kalau pada gambarku di atas itu yang warna merah, sudah direbus.

Sangat enak untuk campuran pecel bumbu kacang ulek dengan sayuran rebus lain seperti daun pepaya rebus, pepaya muda rebus, bayam rebus, kacang panjang rebus, genjer rebus dan lainnya sesuai daerah. Kadang dibeberapa daerah ada tambahan tahu goreng atau juga tempe goreng atau kadang bakwan.

Pecel di atas aku ambil fotony saat liburan kemarin ke gua jatijajar, di kebumen, jawa tengah. Ceritaku tentang wisata ke gua jatijajar aku ceritakan mengenai kondisi wisata gua jatijajar sekarang 2014 dan tentang musik tradisional angklung dengan lagu caping gunung.

Iklan

10 pemikiran pada “Pecel Combrang – Pecel dengan bunga kecombrang

  1. Tadi pas baca judulnya aku baru mau ngomong kalau di Jatijajar masih ada yang jual pecel combrang ini, eh ternyata Mas Ahsan juga nemunya di Jatijajar ๐Ÿ™‚

    • He he he iya pak, sudah jarang banget pecel combrang ini. Padahal rasanya khas banget. Jarang yang membudidayakan sih masalahnya pak.

      Oh iya di rumah makan asep liwet strawberry di akhir turunan nagreg masih ada melimpah pak. Kmarin saya ke sana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s