#1 Liburan dan Mancing ke Kepulauan seribu melalui Pulau Pramuka


Cerita Pertama – Liburan Kedua 2014

Belum habis cerita soal liburan pertama 2014, ini tentang liburan keduanya Yaitu mancing ke kepulauan seribu. Tulisan ini tentang berangkat dan sampai di pulau pramuka, ibu kota kepulauan seribu sebagai basecamp rombongan.

image

Ini aku sampai ke pelabuhan muara angke, suasananya masih agak gelap. Dari rumah habis subuh karena harus cepet sampai pelabuhan karena kalau hari libur itu rame banget sampe seperti lebaran rasanya.

image

Itu pemandangan dari peron di dermaga ke kapal-kapal yang sudah penuh dengan muatan penumpang dan sedang ngantri untuk keluar dari dermaga. Yang harus dilakukan di sini adalah mencari informasi kapal hang yang sedang sandar di dekat peron dan sedang menaikan penumpang itu jurusannya ke pulau mana. Soalnya di kepulauan seribu itu banyak sekali pulau tujuan wisata dan beberapa sebagai tujuan basecamp  memancing.

image

Ini setelah aku naik kapal penumpang dan sudah keluar dari dermaga. Pemandangannya adalah kapal-kapal nelayan yang sedang sandar sepanjang jalur. Tujuan rombongan mancingku adalah ke pulau Pramuka, perjalanan kurang lebih 2,5 jam.

image

Ini adalah sambutan pulau pertama, aku nggak tau nama-namanya. Yang jelas sepertinya itu juga obyek wisata yang juga ditempati orang-orang untuk tempat tinggal. Berikut ini foto-foto yang sempat aku ambil selama perjalanan:

image

Itu adalah sebuah kapal nelayan yang sepertinya sedang mencari ikan dalam sekala kecil. Di belakangnya adalah karamba budi daya kerang hijau, yaitu milik para petani kerang hijau membesarkan kerang dengan cara dibuat seperti rumah terapung tempat kerang hijaunya tumbuh besar. Nanti tinggal dipanen saja tanpa harus nyari satu-satu.

image

Ini sesama kapal penumpang yang menuju pulau lain, kurang lebih kapal yang aku naiki. Sesuai informasi yang perlu dicek lagi, kapal seperti itu muat sekitar 200 orang dengan barangnya. Harga tiket ke pulau pramuka sekitar 35.000, tidak ada tempat duduknya, lesehan dengan sandal dilepas.

image

Kalau yang ini adalah kapal penumpang milik pemda jakarta. Namanya Kapal Kerapu. Muatnya 40 orang saja, AC, harga toket 70.000 dan ada kursi duduknya.

image

Ini adalah view salah satu pulau yang aku zoom dari kapalku. Banyak sarang burung di atasnya dan terlihat masih alami sekali.

image

Ini salah satu pemandangan di atas air, tumbuhan enceng gondok yang terapung terombang-ambing di atas arus air laut.

image

Dan itulah pulau Pramuka (yang sebelah kanan), itu Dalah ibukota kepulauan seribu, bukan ibukota sih tepatnya, tapi kota kecamatan.

Sekian dulu perjalanan awalku mancing, ntar ku sambung lagi ke cerita ke dua tentang mendarat di pulau pramuka. Kalau jadi satu tulisan soalnya bakalan panjang banget.

Iklan

3 pemikiran pada “#1 Liburan dan Mancing ke Kepulauan seribu melalui Pulau Pramuka

  1. Ping balik: #2 Suasana sampai di Pulau Pramuka – Sambutan laut yang jernih dengan ikan-ikannya | Ahsanfile

  2. Ping balik: Foto-foto hasil mancing ikan di kepulauan seribu ! | Ahsanfile

  3. Ping balik: Tips menjaga kesehatan setelah terkena banjir ! | Ahsanfile.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s