Cara membuat jeruk isi agar-agar – Agar-agar kulit jeruk


Siang ini liburan bareng anak-anak, saatnya nulis sesuatu yang ada manfaatnya untuk dikenang, beberapa tulisan yang kemarin sama sekali tidak ada ujung pangkalnya, hanya nggedabrus. Kali ini tentang jeruk isi agar-agar ! Lihat gambar di bawah ini:

image

Itu adalah jeruk isi agar-agar rasa melon, sebuah kombinasi yang cukup enak menurutku, aroma rasa jeruk yang kecut manis ditambah rasa melon yang manis seger.

Cara membuatnya gampang banget.
– belah buah jeruk jadi dua, ambil isinya jangan sampai robek kulitnya
– masak agar-agarnya, dan tuangkan ke dalam kulit jeruk.
– setelah dingin, iris-iris seperti menyajikan semangka berbentuk siung

Nhaa gampang kan ? Berikut yang aku lakukan siang ini bareng anak-anak untuk hiburan di rumah dan melatih kreatifitas.

image

Belah dua sama besar jeruknya, ambil isinya dan jangan sampai robel kulitnya. Memang tujuan kali ini adalh mengambil kulit jeruknya, bukan isi buah jeruknya sehingga kalau buah jeruknya jadi remuk ya nggak apa-apa, tinggal diemplok aja.

image

Itu hasil dari menyiapkan kulit jeruknya, sudah siap untuk diisi dengan agar-agar yang sudah dimasak. Yaaa seperti biasa, agar-agarnya direbus dengan air dan dikasih gula agar manis. Rasa agar-agarnya banyak pilihan, tapi kalau kali ini pakai kulit jeruk sebagai cetakannya ya jangan yang rasa jeruk/orange.

image

Nhaa kemudian tuangkan agar-agar yang masih cair ke dalam kulit jeruknya. Hati-hati agar nggak tumpah karena kulit jeruknya agak lembek jadi mudah miring. Kemudian tunggu dan biarkan sampai dingin.

image

Setelah dingin dan agar-agarnya sudah beku, iris kulit jeruk yang sudah ada isi agar-agarnya seperti kita menyajikan semangka atau berbentuk siung bawang seperti foto saya di atas. Tinggal di tata dalam piring dan sajikan untuk keluarga.

Walau sedikit tetapi ada rasa enak dan kebersamaan bersama anak-anak itu sudah lebih dari cukup. Lagi pula untuk ngajari mereka untuk menjadi ikut kreatif. Tinggal dinikmati satu per satu, tekuk kulitnya keluar ntar agar-agarnya akan misah sendiri dari kulit jeruknya, tetapi sudah ada aroma jeruknya.

Oke, ini cerita 1 Mei saya, apa ceritamu di hari buruh ini ?

Iklan

2 pemikiran pada “Cara membuat jeruk isi agar-agar – Agar-agar kulit jeruk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s