#3 Sekilas suasana di Pulau Pramuka, Ibukota kecamatan Kepulauan Seribu


Cerita ke 3 Liburan kedua 2014

Lanjutan dari tulisanku sebelumnya tentang mancing ke kepulauan seribu, kalau kemarin tentang sampai di dermaga pulau pramuka, kali ini tentang sekilas di dalamnya. Aku nggak sempet jalan-jalan dan memfoto sudut-sudut pulau, tetapi yang aku lalui saja.

Suasana di pulau pramuka sangat panas untuk ukuranku yang biasa tinggal di gunung. Panasnya jakarta masih kalah jauh, tetapi masih tertolong dengan udara dari angin laut yang masih bersih. Jadi panasnya walaupun terasa sangat menyengat sampai dalam baju itu nggak terlalu menyiksa.

image

Dari dermaga sambutannya adalah gapura kecil yang berisi informasi mengenai pulau ini. Ibukota kabupaten kepulauan seribu. Mungkin di antara pulau-pulau yang ada, pulau ini yang paling terbangun dari sisi fasilitas.

image

Kurang lebih ini denah pulau pramuka. Tidak luas kalau dalam ukuranku, sepertinya nggak butuh waktu setengah hari untuk aku berkeliling menyusuri sudut-sudut pulau ini. Silahkan baca sendiri isi pulau pramuka dari denah di atas.

image

Ini suasana di salah satu tepian pulau. Posisiku memfoto sedang berteduh di bawah pohon menghindari terik matahari di depan gedung kantor bupati. Pemandanganya adalah laut yang sangat biru, buatku pemandangan seperti ini sangat menarik, tapi ternyata panasnya luar biasa.

image

Ini kantor bupatinya, dan sekarang aku mulai bingung, soalnya dari kemarin aku nyebutnya itu kecamatan, lha koq ternyata kabupaten. Ah lupakan saja.

Foto-foto di bawah ini suasana ketika malam. Ketika masalah listrik tak menjadi hal yang berkala, di pulau pramuka sekarang listrik sudah 24 jam, tidak seperti dulu lagi.

image

image

Mayoritas penduduk di sini beragama islam, jadi sarana ibadah sangat terawat dengan baik.

image

Itu adalah suasana masjid terbesar di pulau ini. Aku lupa namanya, tapi sempat untuk menunaikan sholat jumat pada siang harinya. Masjid ini walaupun di tengah lautan tetapi airnya tawar, tidak seperti di daerah kebon jeruk atau beberapa daerah di jakarta utara yang airnya malah terasa agak asin.

image

Dan foto terakhir adalah suasana dermaga ketika malam. Kehidupan di dermaga sepertinya sampai 24 jam oleh para nelayan.

NOTE
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil.

Iklan

Satu pemikiran pada “#3 Sekilas suasana di Pulau Pramuka, Ibukota kecamatan Kepulauan Seribu

  1. Ping balik: Foto-foto hasil mancing ikan di kepulauan seribu ! | Ahsanfile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s