Langkah-langkah / Cara membuat popcorn gurih enak asin sendiri di rumah – Beserta gambar dan video !


Kalau kemarin-kemarin aku nulis sesuatu yang kurang jelas juntrungannya, kali ini tentang masak-memasak di rumah. Dulu aku pernah bikin tulisan yang cukup ramai menghiasi hasil pencarian oleh emak-emak tentang resep cap cay kuah istimewa, jadi aku tertarik juga sharing cara membuat popcorn sendiri di rumah.

Popcorn ini jujur saja cukup seru untuk dimakan bareng-bareng keluarga di rumah tapi kadang untuk membuatnya sudah males duluan karena terkesan ribet. Padahal nggak sama sekali, lebih ribet membuat nasi goreng pokoknya.

Bahan-bahan:
– Jagung yang sudah dikeringkan, kalau bisa pisahkan jagung yang sudah tidak utuh karena tidak akaย  mengembang.
– Margarin, sebagai pengganti minyak goreng dan garam. Nantinnya popcorn yangย  dihasilkan sudah gurih asin tidak perlu menambahkan garam lagi.

Alat-alat:
– Wajan teflon untuk menggoreng
– Penutup teflon yang cekung, kalau bisa yang kaca agar kelihatan dalamnya
– Pengaduk seperti sodet / soled / sutil

Step 1:
Panaskan margarin dalam teflon yang sudah panas, ini agar proses lebih cepat dan panasnya sudah merata di semua bagian teflon sehingga jagung yang menempel di bagian manapun akan mengembang.

image

Step 2:
Pastikan semua margarin telah meleleh dengan sempurna. Ini agar asinnya nanti merata.

image

Step 3:
Masukan jagungnya, usahakan sebelum dimasuk kondisi jagung sudah kering dan tidak ada kena air agar nantinya dapat mengembang dengan sempurna.

image

Step 4:
Aduk-aduk jagung dalam margarin agar merata asinnya. Nanti kalau sudah merata dan siap untuk mengembang, dengan margarin ini jagung akan berwarna lebih cerah dari pada sebelum digoreng.

image

Step 5:
Tutup segera jika sudah ada satu jagung yang mengembang. Tutup ini berfungsi untuk membuat jagung yang mengembang tidak mental kemana-mana. Jagung yang mengembang itu seperti meledak jadi dia akan mental keluar dari teflon jika tidak ditutup.

image

Step 6:
Saat inilah yang paling seru. Menyaksikan para jagung meledak dan mengembang dengan suara rentetan ledakan kecil di dalam wajan teflon itu menyenangkan sekali. Si kecil pasti seneng banget kalau aku ajak bikin kaya gini. Menikmati banget suara dan prosesnya.

Kala sudah mulai jarang suara jagung yang meletup, segera matikan api dan kemudian tunggu sampai sudah tidak ada lagi jagung yang meletup. Jika keburu dibuka dan ada jagung satu aja yang meletup bisa tumpah kemana-mana jagung yang sudah jadi popcorn.

Nih dia hasilnya yang aku bikin. Sederhana dan menggunakan peralatan apa yang ada di dapur. Tidak harus menggunakan wajan atau panci khusus untuk membuat popcorn.

image

Hasilnya adalah popcorn yang sudah ada rasa asin dan gurihnya, tidak perlu menaburi garam lagi. Tinggal dipindahkan ke wadah lain yang besar dan dinikmati bareng-bareng bersama keluarga atau temen.

Oh iya ini videonya, ada 2 kali sesi pembuatan, paling sekitar 2 menitan setiap kali goreng.

Itu videonya dari awal sampai akhir, hasil rekaman saya sendiri, jika ada yang aneh dengan bahasa, logat atau suara-suara lainnya karena memang itulah suara saya sebagai seorang dengan Plat R atau ngapak. He he he …. silahkan mencoba

NOTE
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

11 pemikiran pada “Langkah-langkah / Cara membuat popcorn gurih enak asin sendiri di rumah – Beserta gambar dan video !

  1. Ping balik: Cara Membuat Popcorn Gurih | Kami Membantu Jagung Anda Berdaya Guna

  2. Ping balik: Tepung goreng untuk cemilan ringan hangat dirumah | Ahsanfile

    • Kalau jagungnya sudah tua, metiknya kulitnya sudah kering itu langsung dibuat popcorn juga bisa mas. Yang penting jagung sudah kering dan nggak kisut

  3. ane greget min,, lupa gak ditutup jadi angus setengahnya… meledak kemana mana.. ane biarin aja ampe gosong

  4. Wuaa senangnya, nemu resep popcorn di blog lokal. Jadi bisa ya pake wajan biasa. Kalo resep di blog2 luar rata2 pake microwave yang mana saya gak punya, bikin mutung duluan ๐Ÿ˜€ Bisa langsung eksekusi ini. Tinggal cari jagungnya aja. Trima kasih resep popcornnya ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s