Foto bunglon sedang mimikri di dahan pohon – Berburu bunglon itu susah sekali !


Masih satu lokasi dengan aku ketika memfoto belalang kemarin yaitu di taman soang Ciganjur, Depok. Di salah satu sudut taman ada banyak pohon di tanam dan beberapa hewan liar juga hidup di sana dengan damai.
Salah satu yang menarik perhatianku untuk memfotonya adalah bunglon. Dan ternyata bunglon ini susah sekali untuk di foto karena walaupun dari jarak yang cukup jauh, dia tetep menghindar dari pandangan dengan bergerak ke arah balik pohon sehingga susah untuk di bidik dengan kamera.

image

Aku harus bergerak pelan dan hati-hati banget agar bunglon itu tidak curiga aku sedang melihatnya. Sepertinya dia tau kalau aku nggak memperhatikannya dia nggak akan bergerak bersembunyi, tapi kalau aku melihat atau memandangnya dia akan bergerak bersembunyi.

image

Bunglon itu langsung menyesuaikan warna tubuhnya dengan kadar cahaya dan warna batang pohonnya. Ketika dintempat terang, warna tubuhnya lebih muda. Dan ketika di dahan yang agak gelap, warna kulitnya menjadi lebih gelap. Proses berganti warna kulit seperti ini kalau nggak namanya mimikri.

image

Hmmm… sepertinya butuh kamera yang lebih tinggi lagi speknya agar bisa memfoto objek dari jarak jauh. Camera androidku sepertinya kurang ketika ingin melihat objek jarak jauh agar kelihatan detail.

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

8 pemikiran pada “Foto bunglon sedang mimikri di dahan pohon – Berburu bunglon itu susah sekali !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s