Mengapa batere handphone kadang cepat habis ? Apakah sedang di sadap ?


Awalnya aku merasa kesel ketika batere handphoneku tiba-tiba cepet banget habis. Akibatnya mulai muncul dugaan ini dan itu, batere mulai soak tapi masih baru, sedang di sadap tetapi koq rasanya gak mungkin…. Ah… stress sendiri…

Dan akhirnya aku menemukan jawabannya yaitu ternyata beberapa handphone yang sudah masuk kategori smartphone itulah penyebabnya. Karena di desain smart, maka dia bisa memilih mode jaringan sesuai kondisi sinyal di lokasi dia berada.

Kadang kita dapatkan info mode jaringan sedang di H, H+, E, 3G, 3,5G dan lainnya. Nhaa ini dia akar masalahnya, yaitu mode jaringan di set otomatis.

Settingan tersebut sebenarnya tidak bermasalah jika lokasi kita berada di daerah yang banyak sinyal atau masih kuat sinyalnya. Dan mode otomatis ini akan bermasalah ketika di daerah yang susah sinyal.

Teknisnya adalah dengan sinyal yang byar pet atau kadang ada kadang tidak, akan membuat proses pengenalan sinyal oleh hp akan dilakukan terus menerus. Pertaman adalah proses mencari bts terdekat dengan mengirimkan gelombang tertentu sampai menemukan kecocokan operator jaringan. Proses ini makan batere yang cukup besar akan dilakukan terus menerus sampai bisa untuk ready berkomunikasi dengan operator.

Inilah penyebab kadang batere cepet habis karena digunakan oleh handphone itu sendiri untuk terus mencari jaringan operator untuk bisa berkomunikasi. Bahkan kadang sampai handphone terasa panas.

Sudah mudeng ?

Aku yakin bingung atau malah tambah stress karena penjelasanku kurang meyakinkan. Yaaa pokoknya begitu deh…

Solusinya adalah kalau masuk daerah yang susah sinyal itu usahakan untuk memilih satu mode jaringan saja. Misalnya GSM saja atau HSDPA saja atau matikan paket data. Cara ink berhasil aku lakukan dan sekarang nggak pernah mengalami tiba-tiba batere habis begitu saja.

Mungkin bagi pengembang sistem handphone, ini adalah bug pada mode jaringan otomatis khususnya smartphone dalam memilih mode network untuk paket data. Nggak bermasalah ketika berada di daerah banyak sinyal, tapi bermasalah kalau di daerah yang sinyalnya susah.

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

3 pemikiran pada “Mengapa batere handphone kadang cepat habis ? Apakah sedang di sadap ?

    • Bukan, karena hp berusaha mencari dan nenyesuaikan mode sinyal. Kalau sinyalnya ada terus sih hp akan diam, tapi kalau gak ada sinyal hp terus mencoba cari jaringan.

  1. Kalau di apartemen saya selalu ngeset 3G/HSDPA saja. Tapi kalau di kantor karena sinyal HSDPA sering hilang, saya ngeset ke 2G. Sedangkan untuk koneksi data pakai wifi kantor. Jadinya awet baterai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s