Nikmatnya makan sop kambing prasmanan di Sop Kaki dan Sate Kambing Bang Kumis Bogor


Ini tulisan tentang wisata kuliner di kota bogor yang aku bisa dapatkan kemarin ketika berkunjung ke tempat temen yang tinggal di sana. Bogor adalah salah satu surga kuliner di dekat jakarta, apalagi sebagai kota yang dilalui sebagai jalur wisata ke daerah puncak, sukabumi dan sekitarnya.

Salah satu yang terkenal adalah sop kaki dan sate hot plate Bang Kumis. Lokasinya di Jalan Pajajaran, keluar tol belok kiri sekitar 1 km. Rumah makannya selalu ramai dan buka sampai 24 jam. Kita bisa datang kapan saja, dan juga bisa kita jadikan tujuan mampir makan kalau habis liburan di sekitar.

image

Aku ingin share tentang makan di sop kambing di sana. Cukup unik dan rasa sop kambingnya itu khas dan enak karena pakai kuah susu. Pertama masuk kita harus mencari kursi yang kosong karena biasanya penuh, kemudian kita ikut antri seperti gambar di atas untuk memilih sendiri isi sop kita. Jadi isi sop terserah kita, bisa sepuasnya memilih seperti foto-foto di bawah ini.

image

Berikut daftar potongan daging kambing siap makan yang bisa kita pilih sebagai isi sop kita. Di mulai dari dagingnya sampai nanti kaki kambing. Semuanya sudah dimasak enak tinggal di siram kuah dan bumbu saja.

image

image

image

image

Harga masing-masing potongan daging beda-beda, nanti tinggal kita serahkan ke kasir untuk dihitung. Seperti gambar di bawah ini, sudah dikasih berapa jumlah harganya. Tinggal diantarkan ke petugas bagian kuah.

image

Akan di racikan bumbu tambahan sop yang bisa kita sesuaikan misalnya dari selera pedasnya, manisnya dan lainnya. Jadi kita bisa makan sop kambing sesuai selera kita sendiri atau mengikuti standar bang kumis yang pastinya sudah enak.

image

Setelah jadi seperti gambar di bawah ini, kita tinggal menunggu di meja, nanti sama petugas akan diantarkan ke meja kita bersama pesanan yang lain. Sambil menunggu meracik bumbu dan memberi kuah pada potongan daging yang kita pilih, kita bisa pesan minumnya seperti es jeruk, jeruk anget dan lainnya.

image

Minuman yang pasti akan kita dapatkan adalah teh tawar anget. Tanpa kita pesan pasti akan diberi oleh pelayannya. Tinggal kita menikmati nasi beserta sop yang enak. Rasa daginnya itu lembut dan gurih, tulangnya nggak keras dan bisa kita makan sampai bersih dagingnya. Bahkan kalau sudah tidak ada bau kambingnya sama sekali.

Kemudian untuk sate, saya pesan yang sate daging saja, jadi nggak di campur dengan lemak atau kikil, murni daging saja. Kurang lebih proses membuat satenya seperti di bawah ini:

image

Walau itu warung masakan kambing, tetapi masih menyediakan sate ayam, dan bisa dicampur satu porsi itu separo ayam dan separo kambing. Aku pesan 10 tusuk ayam dan 10 tusuk kambing.

image

Antara stok sate yang akan di panggang dengan sate yang dipesan biasanya selalu imbang, ini karena pada jam makan jumlah pengunjung itu ramai sehingga jika ada yang pesan sate seringngnya di tusukin dulu, tetapi jangan khawatir karena tidak akan membuat kita menunggu lama.

Petugas yang melakukan mulaindari menyiapkan daging, menusuk, memanggang itu banyak sehingga bisa dengan cepat. Ini juga jaminan untuk kita bahwa satenya adalah daging baru dan pasti rasanya akan berbeda dengan daging yang sudah masuk freezer.

image

image

Sate akan disajikan dalam hot plate, sehingga akan tetap hangat sampai kita akhir makan. Dengan dialasi bawang bombay, sate disajikan untuk kita dalam kondisi panas, membuat kita ketika makan masih kebul-kebul sehingga semakin nikmat.

Demikian cerita saya tentang makan sop kaki kambing di rumah makan bang kumis, bogor. Mungkin ada di antara temen-temen yang pengin wisata kuliner di bogor, tempat ini sangat saya rekomendasikan.

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

4 pemikiran pada “Nikmatnya makan sop kambing prasmanan di Sop Kaki dan Sate Kambing Bang Kumis Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s