Low Profil itu lebih nyaman dan lebih menenangkan


Akhir-akhir ini aku menjadi lebih sering “travelling” ke pelosok-pelosok daerah di Jakarta mencari info untuk bahan artikel website. Ada hal menarik aku dapatkan di sana mengenail profiling yang dilakukan oleh pelaku kejahatan seperti copet atau jambret ketika memilih korban.

Ternyata copet atau jambret itu masih menggunakan ilmu ekonomi yaitu usaha sedikit hasilnya banyak. Cari target yang mudah dan barangnya bernilai tinggi.

Itu dia, barang bernilai tinggi contohnya smartphone, dompet dan sejenisnya. Dia akan cenderung menilai kira-kira berapa yang akan dia dapatkan jika mencopet atau mencuri atau menjambret barang milik calon korban.

Jika paling harganya di pasar gelap sedikit, mereka akan cenderung membatalkan niatnya. Nah disinilah maksud tulisanku low profil, maksudnya kalau kita kemana-mana dengan penampilan yang biasa, terus menggunakan gadget yang biasa saja, itu akan mengurangi minat penjahat untuk menjadikan kita sebagai korban.

Dan yang seperti saya lakukan sekarang, mengganti gadget yang biasa aku bawa bepergian yang aku gunakan di perjalanan itu yang low end, bukan yang mewah.  Untuk gadgetnya simpan di tempat yang aman dan nanti dipakainya ketika di tempat yang aman.

Untuk mengurangi gap antara kebutuhanku bisa foto, bisa nulis artikel di manapun berapa, aku ganti dengan hp android qwerty. Yang penting fungsi sms, telepon, email, wordpress, blogspot, fb, twitter, g+, wa, bbm itu terpenuhi.

Ini caraku untuk berusaha mengamankan diri dari kondisi perjalanan yang kita memasuki area rawan kejahatan.

Bagaimana dengan Anda ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s