Foto Gambar Buah Lontar – Ketika buah lontar dijual dalam jumlah yang besar


Tadi pas pulang dari kantor karena harus masuk kerja lembur minggu siang, ada penampakan yang lain dari sepanjang jalan yang aku lalui ketika pulang. Jika sepanjang jalan adalah jualan kolak, es buah, gorengan, kue-kue, sop buah dan lainnya. Tapi yang ini buah lontar dijual dalam jumlah yang banyak.

image

Jika biasanya satu penjual buah lontar menggunakan gerobak dorong paling menyanding 1 atau 2 tandan buah lontar, kali ini puluhan tandan digelar begitu saja menggunakan mobil angkut pickup. Satu tandan bisa berisi sepuluhan buah, jadi di lokasi ada banyak sekali buahnya.

image

Buah lontar ini adalah buah yang masuk dalam keluarga palem, mirip dengan kelapa cuma isi batoknya satu buah lebih dari 1 dan ukuranya kecil-kecil. Rasa buahnya seperti kolang-kaling atau. Seperti buah kelapa muda cuma lebih kenyal.

Buah ini sudah sangat jarang tumbuh dan adanya sekarang hanya di hutan belantara dan tumbuh di tepian sungai. Sudah susah untuk ditemukan dan susah juga untuk dipetik.

Kalau dijual biasanya dikemas dalam 2 jenis yaitu airnya dan isi buahnya. Airnya dimasukan ke dalam botol air mineral dan warnanya agak putih. Rasanya manis tetapi kalau sudah lama bisa terfermentasi dan mengandung metanol atau alkohol.

image

Isi buah dipisahkan ari kulitnya mengunakan pisau atau golok tajam. Kemudian dikupas batoknya dan dikeluarkan isi bijinya, persis seperti kolang-kaling. Bedanya kalau kolang-kaling harus dimasak atau dibakar terlrbih dahulu dan direndam mengunakan air, kalau isi buah lontar ini langsung bisa dimakan.

image

Aku beli seplastik saja, seharga 7.000 rupiah. Cukup untuk ngobati rasa kangen sama buah ini. Rasanya ketika makan persis dengan makan kelapa muda cuma lebih keras dikit. Kalau makan kudu satu biji masuk mulut semua soalnya di tengah biji masih ada air yang rasanya manis. Kalau digigit separoh biasanya akan muncrat isi airnya.

Iklan

6 pemikiran pada “Foto Gambar Buah Lontar – Ketika buah lontar dijual dalam jumlah yang besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s