Pedagang seperti ini lama-lama akan dijauhi pembeli


Ada beberapa penyebab usaha bisnis tidak lancar dan bahkan bangkrut di kemudian hari. Berikut ini penyebab utama sampai penyebab sepele.

Menggunakan penglaris dari orang pintar atau kyai.

Dalam Islam, seorang yang mau berdagang harus menguasai ilmu jual beli, paling tidak menguasai dasar-dasarnya. Dan inilah yang banyak terjadi sama orang-orang di Indonesia, mau buka usaha bukannya belajar ilmu bisnis tetapi malah sowan ke rumah kyai atau orang pintar untuk dapat penglaris.

Sungguh sebuah masalah yang oleh pelakunya secara sadar dia akan merasa kalau usahanya itu bermasalah dan tau suatu hari akan mendatangkan kebangkrutan. Ada gak pedagang tiba-tiba besar dan bertahan lama ?  Jika bertemu dengan penglaris yang lebih kuat maka akan kalah dan kalau melanggar pantangan juga akan jadi musibah.

Beberapa ciri orang yang menggunakan ilmu penglaris adalah:

  • Mengibas-ngibaskan uang ke barang dagangan dari pembeli pertama
  • Memasang bacaan atau transkrip amalah di rumah atau lokasi bisnisnya
  • Tidak membuka lapak bisnisnya pada hari-hari tertentu
  • Dan masih banyak lagi…

Tidak konsisten menghargai konsumen.

Kita lihat berapa orang yang tadinya sukses dalam berbisnis, kemudian menjadi sepi bisnisnya itu karena ditinggalkan oleh para pelanggannya ? Pelanggan meninggalkan karena pedagangnya bersikap nggak meyenangkan terhadap pembeli. Biasanya kalau sudah lumayan bayak memiliki pelanggan, seorang pedagang mulai cuek sama pelangganya.

Contoh nyatanya adalah yang sering aku alami, ketika membeli di beberapa tempat, sering sama pedagangnya itu boro-boro di sapa, dia dengan santainya menanti aku yang bertanya dan meminta disiapkan barangnya. Kalau nggak terpaksa dan ada pilihan lain, bener deh pokoknya aku nggak akan beli di situ.

Masuk toko di cuekin mentang-mentang sudah ramai tokonya. Beda banget sama toko atau kios yang masih sepi, saya masih jauh pun sudah dipanggil-panggil untuk mampir ke toko.

Iklan

3 pemikiran pada “Pedagang seperti ini lama-lama akan dijauhi pembeli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s