Unthuk Cacing – Tai Cacing Tanah, Obat alami bengkak orang jaman dahulu


Nggak tau kenapa, akhir-akhir ini aku sering menemukan obat tradisional yang dulu pernah aku pelajari ketika masih tinggal di desa… cieee sekarang dah di kota yeee…  (iya kota yang rusak)….

Aku merasa banyak sekali sebenarnya alam memberikan apa yang kita butuhkan dengan aman, tetapi seringnya kita memilih cara yang instant kimiawi yang tidak aman bagi tubuh, baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Salah satu yang alam sediakan untuk obat adalah tanah yang keluar dari cacing atau yang sudah dicerna oleh lebah. Tanah yang sudah dicerna oleh cacing atau unthuk cacing atau tai cacing tanah itu ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengobati bengkak. Nih dia penampakannya:

image

Bengkak di sini adalah pembesaran sedikit bagian badan karena memar atau terluka. Dan bengkak yang bisa diobati menggunakan tanah ini adalah bengkak karena memar atau terkena benda tajam, bukan bengkak karena penyakit.

Contohnya dulu habis disunat biasanya adik kecil itu bengkak atau kalau orang bilang “gendhelen”. Atau habis kebacok sabit, golok atau keiris pisaua biasanya disekitar luka akan bengkak. Atau habis jatuh sampai badan ada yang memar, nantinya juga akan bengkak. Atau kesleo parah yang akan menyebabkan bengkak.

Cara menggunakan unthuk cacing sebagai obat bengkak !

Memang bagi kita yang hidup di jaman sekarang kesannya itu menjijikan. Tetapi tanah tai cacing itu sebenarnya bersih dan paling telur cacingnya saja. Caranya adalah dengan cara disangrai atau dibakar sampai matang tanahnya kemudian dihaluskan.

image

Bukan tanah basah seperti itu langsung dioleskan ke bagian tubuh yang bengkak, itu salah. Jadi setelah dibakar atau di sangrai sampai matang, dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diulek.

Kemudian cara menggunakannya adalah dijadikan masker yaitu bubuk halus tanah itu dicampur air sampai seperti bubur baru dioleskan tebal ke bagian yang bengkak. Seperti pakai masker kurang lebihnya. Kemudian biarkan sampai tanahnya mengering dengan sendirinya dan nanti akan mengeras dan lepas.

Proses yang terjadi adalah bubuk tanah itu bersifat basa atau pahit, ketika dijadikan masker menutupi bagian tubuh yang bengkak dia akan menyerap air dari dalam kulit karena konsentrasinya lebih tinggi sampai dia mengering. Inilah yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan yaitu menyerap cairan dibagian yang bengkak.

Sudah jelas kan caranya ? Kalau belum jelas silahkan dibaca lagi tentang cara penggunaanya.

Sebenarnya yang lebih tokcer lagi untuk urusan menyembuhkan luka bengkak, bahkan lebih dari menyembuhkan bengkak, tetapi membantu mempercepat penyembuhan lukanya yaitu sarang lebah yang terbuat dari tanah. Nanti kalau aku sudah dapat fotonya akan aku ceritakan lagi…

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s