Langseng – Lebah seukuran semut dengan rasa madu yang sangat manis


Satu lagi hewan masa lalu yang kemarin aku temukan lagi sedangbersarang di sebuah batang bambu kering. Hewan ini adalah sejenis lebah dengan ukuran sangat kecil yaitu sebesar biji beras, tetapi untuk urusan sengat dan kualitas madunya itu nggak kalah sama yang lebah madu besarnya.

image

Ciri-ciri hewan ini seperti lalat kecil hitam tapi punya sengat. Hidup dalam koloni kecil tetapi di lubang-lubang kayu atau bambu. Jumlah satu koloni paling gak sampai 500 ekor. Kalau sudah banyak biasanya akan membuat sarang baru, berbeda dengan lebah madu pada umumnya yang sampai bikin sarang besar.

Kalau nyium orang nggak cuma dengan pantatnya yang ada jarum sengat kecil, tetapi juga nggigit dan mengeluarkan semacam lem jika sedang menggigit. Jadi kalau lebah ini marah pada musuh, dia akan menyengat, menggigit dan mengelemkan diri pada tubuh kita. Beda sama lebah madu besar jika habis menyengat dia akan terbang lagi setelah menancakan sengatnya.

image

Dan seperti biasa untuk urusan memfoto lebah aku masih takut jika nanti dapet hadiah ciuman dari lebah ini sebagai bayaran atas foto yang aku ambil.

Ada beberapa cerita menarik tentang lebah langseng ini yang pernah aku alami. Satu aku dan kakakku membuat seorang teman lari terbirit-birit karena menipu dia untuk ngintip dan merusak sarang lebah ini sehigga mata temenku itu bendul (bengkak parah). Yang kedua adalah aku distrap sama ayahku karena memotong bambu rangka atap kandang ternak yang jadi sarang lebah ini karena mau aku ambil madunya. Dapet madunya sedikit ditambah bonus ciuman pantat dan pantatku di gebukin.

Mari aku ceritakan satu per satu kejadian di atas. Pokoknya terkait dengan hewan lebah langseng ini.

Silahkan baca di sini untuk Mata benkak karena ngintip dan merusak sarang lebah langseng. Dan yang ini untuk cerita Demi madu langseng, rela dimarahin ayah karena memotong rangka atap kandang ternak.

He he he…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s