1 Syawal 1435 Hijriyah – Waktunya istirahat setelah sebulan sebelumnya penuh untuk beribadah – Itu harapan saya !


Mungkin jarang yang seperti aku inginkan yaitu tanggal 1 Syawal adalah waktu untuk mulai istirahat penuh, istirahat setelah sebulan sebelumnya penuh untuk ibadah. Jarang tidur karena malamnya terbangun, badan lelah dan letih setelah i’tikaf penuh di masjid.

Tetapi aku masih segar bugar karena tidak i’tikaf, bahkan berusaha untuk kuat dalam perjalanan mudik. Lelah dan letih malah aku gunakan untuk berjuang melawan malam dan macet untuk membawa kendaraan pulang. Dan masih nyaman dengan kasur menunggu waktu untuk sahur.

Dan tanggal 1 Syawal ini aku masih segar bugar berkeliling bersilaturahmi ke rumah-rumah saudara. Satu sisi ada rasa bahagia dan seneng bisa bertemu dengan saudara dan teman. Tetapi sepertinya ini bukan yang aku harapkan dan cita-citakan. Masih ada perasaan gundah dan tidak puas.

Aku ingin seperti para sahabat dulu yang benar-benar menghabiskan bulan ramadhan untuk beribadah siang dan malam. Sedih ketika bulan ramadhan berakhir, takut kalau tidak bisa lagi bertemu dengan ramadhan berikutnya.

Doktrin hari lebaran adalah hari kemenangan dan hari kebahagiaan sepertinya memang sukses membuat kaum muslimin terlena untuk bahagia meninggalkan bulan ramadhan. Doktrin lebaran adalah waktu yang pas buat bersilaturrahmi kepada orang tua dan saudara sepertinya sukses menghilangkan nilai dan kesan silaturrahmi sehari-hari.

Mungkin keinginanku sekarang adalah hal yang aneh karena pasti akan dianggap nyleneh. Pasti nanti kesannya “hari raya koq istirahat di rumah” atau “hari raya kan saatnya merayakan kemenangan”…. Padahal dulu sahabatpun merasa khawatir kalau amal ibadahnya tidak diterima oleh Allah SWT… tetapi doktrin sekarang benar-benar membuat orang merasa nyaman dan yakin…

Dan saya sekarang masih ikut terlena dalam doktrin ini… hiks..

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

2 pemikiran pada “1 Syawal 1435 Hijriyah – Waktunya istirahat setelah sebulan sebelumnya penuh untuk beribadah – Itu harapan saya !

  1. sosialisasikan di blog, lingkup keluarga,
    mudahan nantinya bisa meluas Om, pemahaman 1 Syawal kembali ke hakikatnya
    *saya juga bagian yang ikut arus 😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s