Resep membuat ketela goreng yang enak dan gurih – Resep Balok banyumas


Ini salah satu makanan yang aku buat bareng keluarga di rumah di masa libur lebaran. Ketela pohon goreng atau kalau di tempatku namanya balok. Yaitu ketela pohon di potong-potong kemudian dikasih bumbu dan digoreng. Kemudian dimakan pas masih hangat sambil minum teh atau kopi sambil duduk-duduk menikmati suasana bersama.

image

Nah ternyata banyak orang yang nggak tau cara menggoreng yang benar dan bumbu yang pas sehingga menghasilkan ketela goreng yang renyah, empuk dan tidak alot serta rasanya gurih serta tentu saja sehat tanpa msg. Berikut ini aku coba share apa yang aku buat tentang ketela goreng ini.

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini, untuk menghasilkan ketela goreng yang empuk dan gurih seperti gambar di atas !

Pertama:
Siapkan bahan-bahannya yaitu yang jelas ketela pohon yang masih segar, garam halus, beberapa siung bawang putih dan sedikit gula pasir untuk penyedap rasa pengganti micin (msg).

Kedua:
Cuci bersih ketela pohonnya dan biarkan terendam dalam air. Ini untuk menghilangkan rasa licin ketelanya sehingga lebih kesat.

image

Ketiga:
Potong secara kasar seukuran 2 atau 3 ruas jari seperti gambar di bawah ini. Jangan potong dengan cara diiris seperti bagian atas foto di bawah ini karena akan menyebabkan bumbu tidak dapat meresap dengan baik. Tekstur potongan yang kasar akan menyebabkan bumbu mudah menempel sehingga rasanya lebih gurih.

image

Keempat:
Pipihkan sampai remuk beberapa siung bawang putih untuk pengharum dan penambah gurih nantinya. Bawang putih ini hanya sebagai pelengkap saja, bukan bumbu utama. Bumbu utamanya hanya garam saja !

image

Kelima:
Taburkan bawang putih yang sudah remuk ke potongan ketela pohonnya kemudian garam sesuai selera asin dan sedikit gula pasir. Kemudian aduk-aduk sampai garamnya merata dan tidak mengumpul di satu bagian saja.

image

Keenam:
Biarkan barang ada satu menit sambil memanaskan minyak goreng. Setelah sekira satu menitan maka garam sudah tidak kelihatan laginkarena sudah meresap ke dalam ketela. Fungsi gula pasir di sini adalah untuk menambah rasa gurih pengganti msg.

image

Ketujuh:
Setelah minyak panas dengan api yang kecil, masukan ketela pohonnya dan aduk-aduk. Ingat, apinya jangan terlalu besar sehingga matengnya lama. Ini sengaja biar matengnya sama antara luar dan dalam.

image

Jika apinya terlalu besar maka hasilnya nanti mateng di luar tetapi masih mentah di dalam. Sesekali balik agar matengnya merata atas dan bawah.

image

Terakhir:
Setelah ada bagian sudut-sudut potongan ketela yang agak mengering itu artinya sudah matang. Jangan terlalu kering soalnya nanti ketela gorengnya akan alot atau keras. Tinggal di angkat dan tiriskan agar minyaknya mengalir. Setelah kering dari minyak, pindahkan ke piring atau nampan dan dinikmati bersama-sama.

Mudah banget kan ?

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s