Panen buah pala di Banyumas – Cara memetik buah pala yang sudah matang !


Kali ini aku mau sharing informasi tentang buah pala yang sudah bisa dipetik atau dipanen. Lho koq sudah bisa ? Emangnya ada yang belum bisa dipanen ya ? Iya karena sifat buah pala yang selalu tumbuh dan berbunga sepanjang waktu sehingga dalam satu pohon ada yang masih bunga, ada buah muda dan ada buah yang sudah tua.

image

Buah pala yang sudah siap untuk di panen adalah yang sudah berwarna lebih keruh dari buah lainnya, tekstur kulitnya sudah berkerut dan mulai mengering. Dan yang pasti adalah sudah membelah sehingga terlihat isi bijinya yang berwarna merah dan hitam seperti gambar di bawah ini. Kalau yang sudah membuka kulitnya seperti ini sudah pasti matang dan sudah bisa dijadikan bibit untuk disemaikan sebagai bibit baru.

image

Buah pala yang sudah mateng mudah sekali untuk di petik. Kadang cuma disentuh sedikit saja sudah lepas dari tangkainya. Memetik buah pala ini susah untuk diwadahi dari atas pohon. Satu-satunya cara  adalah menjatuhkannya ke tanah. Kemudian nanti kalau sudah dipetikin semua tinggal diambilin dan dimasukan ke wadah.

image

Kemudian isi buah pala yang sudah matang secara alami akan memisah sendiri dari kulit luarnya yang tebal. Tidaknperlu lagi dibelah dan diambil isinya secara manual. Tinggal nanti dipisahkan kulit merahnya dan dijemur sendiri-sendiri.

image

Proses selanjutnya adalah menjemur untuk mengeringkan buah pala ini. Antara kulit luar yang tebal, kulit cangkang yang berwarna merah dan biji pala yang keras dipisahkan ketika menjemurnya di bawah sinar matahari. Soalnya harga dan perlakuannya berbeda-beda.

Nhaa mudah kan ?
Pokoknya memetik buah pala ini sebuah pekerjaan yang menghibur dan tidak membutuhkan effort yang terlalu besar. Manjat pohonnya juga nggak susah karena tidak tinggi dan dahannya yang rapat membuat kita mudah memanjatnya.

Misalkan buah jatuh ke tanah juga tidak akan rusak serta kotor. Tinggal dipunguti dan dimasukin ke wadah kemudian di jemur. Nanti lain waktu aku akan share tentang bagaimana cara mengolah buah pala untuk dijual atau untuk konsumsi sendiri.

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

Satu pemikiran pada “Panen buah pala di Banyumas – Cara memetik buah pala yang sudah matang !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s