Jejak biota laut yang masih melimpah di Pantai Pandawa, Nusa Dua, Bali


Kemarin aku tulis tentang indahnya alam pantai pandawa, nusa dua, bali. Sekarang aku tulis tentang jejak biota lautnya yang terdampar di pantai yang mendandakan masih melimpahnya yang hidup di bawah laut sana.

image

Mulai dari floranya seperti foto-foto di bawah ini yang aku ambil dari tumpukan yang menyebar di sepanjang garis pantai. Jika tempat lain yang sudah ramai orang adalah sampah plastik, di sini sampahnya adalah jejak biota laut yang terdampar di pantai.

image

Ganggang merah atau rumput laut merah yang selama ini aku hanya dengar sebagai bahan baku agar-agar.

image

Ganggang hijau yang selama ini hanya aku dengar ketika mengikuti pelajaran biologi. Baru kali ini aku lihat dan memegang sendiri.

image

Kalau yang ini aku nggak tau apa, seperti rumput laut hanya saja pendek-pendek seperti kapsul. Ada yang tau namanya ?

image

Ini sama persis denga  rumput laut yang warnanya hijau yang biasa dibudidayakan tetapi ukkurannya saja yang lebih kecil.

image

Nhaa kalau yang ini adalah rumput laut yang banyak dibudidayakan untuk komoditi ekspor ke negara-negara lain sebagai salah satu bahan pangan atau kosmetik.

Untuk sisa-sisa hewan lautnya yang terdampar dipantai juga kelihatan banyak sekali. Ini sebagian yang aku foto yaiti berbagai jenis kerang, siput dan hewan dasar laut lainnya. Tapi tak ada satupun yang aku ngerti namanya.

image

image

image

image

Dari jejak-jejak biota yang terdampar di pantai serta warna air lautnya yang sangat jelas terlihat bedanya, di pantai pandawa ini masih cukup melimpah isi lautnya. Terumbu karang, ikan laut, hewan bawah laut serta tumbuhannya masih hidup dengan baik di sana.

Tinggal rasa peduli lingkungan orang-orang yang mengelola tempat wisata ini serta para wisatawannya untuk menjaga dan melestarikannya. Minimal adalah jangan mengotori pantai ini dengan sampah.

Iklan

5 pemikiran pada “Jejak biota laut yang masih melimpah di Pantai Pandawa, Nusa Dua, Bali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s