Latuh – Rumput laut yang instant bisa langsung dimakan mentah, bisa untuk lalapan


Kemarin, pas lagi ngajak pasukan untuk jalan-jalan ke pantai anyer, tak sengaja aku menemukan sebuah tanaman laut yang baru pertama aku lihat. Kalau rumput laut atau gangang sih pernah, tapi yang ini baru pernah dan karena penasaran aku ambil dan aku bawa ke saung aku sewa tempat untuk posko di pantai.

image

Sampai di saung, pemilik warung heran mengapa aku bisa mendapatkan tanaman ini, dia heran koq ada di pantai yang setiap hari dia berdagang di situ dan baru kali ini mengetahuinya. Oke lah lupalan keherananku pada orang ini yang bener-bener gak mau explore apa yang ada di sekitarnya. Aku mau cerita soal tanaman ini saja.

image

Itu kalau orang sunda bilang namanya adalah “latuh”. Enak dimakan mentah enak untuk dijadikan lalapan atau urap tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Tinggal dicuci dan dimakan saja. Rasanya pas akau mencoba itu renyah asin gurih kemletus dan berlendir ketika di kunyah. Pas masuk mulut sih kesat daun-daunnya, tetapi setelah pecah isinya jadi seperti lendir yang rasanya asin.

Kalau seorang aku orang nggunung masih masuk di mulut untuk makanan ini. Asin gurihnya yang bikin rasanya enak dan seger.

Oh iya satu lagi tentang tanaman ini, ternyata dijadikan sarang oleh udang-udang kecil di laut. Jadi di sela-sela daunnya dijadikan sarang oleh anak-anak udang yang baru menetas kayaknya. Pas aku rendem sama air tawar, udang-udang itu pada keluar dari daunnya 

Jadi kalau nemu masih di air laut, cuci bersih pakai air lautnya dan kemudian makan itu kandngan gizinya lebih tinggi. Selain dari tanaman latuh itu sendiri juga dari udang-udang kecil yang bersarang di sana.

Iklan

3 pemikiran pada “Latuh – Rumput laut yang instant bisa langsung dimakan mentah, bisa untuk lalapan

  1. Indikasi sebuah perairan msh sterildg adanya tumbuhan latuh ini masih tumbuh…brg kali bisa dilakukan penelitian khusus agar ter explore manfaat lainnya.didaerah sy msh relative bnyk latuh tsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s