Pagi ini: Cara membuat nasi goreng ijo jengkol, bunga sosis !


Pagi ini saatnya ngumpul bareng pasukan. Sudah beberapa hari nggank bisa sarapan pag bareng. Bangun jam 8.10an karena tidur lagi dan perut sudah demo minta untuk diisi. Pergi ke dapur, waduh adanya bahan makanan berat semua. Yang ringan hanya telur sama mie saja. Bingun mau masak yang cepet itu gimana agar cepet mengusir para pendemo di perut…

IDE CEMERLANG BIKIN NASI GORENG !

Nasi goreng biasa sudah terlalu sering, lama-lama bisan juga. Akhirnya dapet ide untuk bikin nasi goreng yang rasanya lain dari biasanya. Nggal tau nanti jadinya seperi apa rasanya, tapi berbekal ilmu kombinasi bumbu masakan, ilmu mengolah rasa, akhirnya aku buat nasi goreng ijo jengkol. Seperti ini:

image

Iya nasi goreng rasa daun bawang mentah, rasanya khas daun bawang yang tajam dengan aroma harum yang juga tajam. Lalapnya jengkol, sebuah kombinasi nasi panas dengan jengkol mentah itu menghasilkan rasa yang nyoss di mulut. Dan untuk menarik perhatian anak-anak ditambahkan sosis diiris 4 tapi tidak terbelah sehingga pas digoreng membentuk seperti bunga kayak gambar di atas.

CARA MEMBUATNYA ?

Ulek bawang merah dan bawang putih, untuk 3 piring nasi aku gunakan 4 siung bawang merah dan 6 siung bawang putih. Ulek sampai setengah halus.  Kemudian tumis ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.

Setelah harum dan matang tumis ulekan bawang merah dan bawang putih, masukan nasi 3 piring dan aduk-aduk sampai rata. Sambil menunggu nasi panas, ulek juga daun bawangnya sampai halus sekali.

Ketika nasi goreng sudah mau di mateng, taburkan garam, gula pasir sebagai pengganti micin/msg dan daun bawang yang sudah halus. Aduk sampai rata, dan langsung matikan api. Nasi goreng akan berwarna hijau dan aroma daun bawangnya akan kerasa banget. Begitu juga soal rasa, nasi goreng  ijo daun bawang ini sangat kerasa.

Nhaa tinggal disajikan dalam kondisi panas, sekalian lalap jengkol dan sosis gorengnya seperti fotoku di atas. Enak dan rasanya beda dari nasi goreng yang pernah ada selama ini aku makan.

Itu kreasiku libur sabtu ini, apa kreasimu ?

Iklan

Satu pemikiran pada “Pagi ini: Cara membuat nasi goreng ijo jengkol, bunga sosis !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s